Beragam Festival Disiapkan Sambut HPN 2018 di Padang

id Mahyeldi Ansharullah

Beragam Festival Disiapkan Sambut HPN 2018 di Padang

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar menyiapkan beragam kegiatan dan festival pariwisata guna menyambut penyelenggaraan puncak Hari Pers Nasional 2018.

"Tentu akan banyak jurnalis dari seluruh Indonesia akan hadir, ini kesempatan Padang promosikan wisata dan budaya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan beberapa festival yang akan diselenggarakan antara lain pameran buku Islam, festival peragaan budaya dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, festival kuliner baru, serta festival "Saribu Suntiang" atau seribu pakaian adat pernikahan Minang.

Khusus kegiatan yang Saribu Suntiang akan dipusatkan di Pasar Raya berupa peragaan busana di jalan Simpang Kandang hingga jalan Permindo.

Di samping itu juga akan digelar lomba mewarnai dan seminar pendidikan yang melibatkan murid TK dan Paud serta siswa sekolah.

Kegiatan ini katanya, akan dilaksanakan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan.

Termasuk penyiapan penginapan untuk tamu saat HPN telah dimulai saat ini melalui koordinasi dengan pengusaha hotel dan restoran.

"Kami ingin memberikan kesan positif kepada ratusan bahkan ribuan jurnalis yang hadir, sehingga Padang dapat tersiar baik juga ke dunia," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi mengatakan terdapat agenda penting wisata jelang HPN pada Februari.

Untuk Oktober akan ada Gowes Siti Nurbaya, pada November akan ada Tour de Singkarak dan Festival Qasidah, Desember dan Januari hari libur natal dan tahun baru.

Sejauh ini kata dia, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan instansi lainnya telah melakukan koordinasi terkait keamanan, kelayakan restoran, jumlah penginapan dan kondisi infrastruktur wisata.

Dia berharap baik HPN dan kegiatan lainnya, warga Padang memberikan dukungan khususnya dalam menjaga kebersihan dan keamanan. (*)