Berikut Keuntungan Menjadi Anggota Koperasi Ala Wako Padang

id Mahyeldi Ansharullah

Berikut Keuntungan Menjadi Anggota Koperasi Ala Wako Padang

Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengharapkan semua warganya menjadi anggota di berbagai instansi atau perkumpulan yang menyelenggarakan koperasi.

"Sudah seharusnya komunitas atau instansi menyelenggarakan koperasi karena menguntungkan semua pihak," ujarnya, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan banyak keuntungan menjadi anggota koperasi seperti pemenuhan kebutuhan serta meningkatkan rasa persaudaraan.

Dalam koperasi tidak ada sistem bunga sehingga dana yang diperoleh sesuai kesepakatan rapat dan iyuran anggota.

Sesuai asasnya yakni kekeluargaan, koperasi mengajarkan individu untuk memperkuat rasa sosial, simpati dan saling menghargai.

Pada perkembangannya dari hasil Koperasi juga bermanfaat untuk penciptaan usaha, penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan sosial masyarakat.

Secara organisasi juga koperasi memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang ekonomi.

"Pembentukan koperasi dapat dilakukan oleh kalangan mana pun yang tujuannya kesejahteraan bersama," kata dia.

Sebagai contoh di kalangan kampus khususnya mahasiswa bermanfaat secara sosial untuk kebutuhan sarana belajar, atau kegiatan lainnya.

Kemudian di kalangan profesi, koperasi bermanfaat untuk mengembangkan keilmuan secara sosial.

Sedangkan di kalangan pemerintah dan swasta jelas membantu kebutuhan pegawainya.

"Kami senantiasa mendorong masyarakat untuk menjadi anggota koperasi dan siap bekerja sama mengembangkannya," kata Mahyeldi.

Sementara itu salah satu petani di Kuranji Ujang Lombok berharap sosialisasi koperasi di kalangan petani dapat diperkuat.

Menurutnya akibat tidak adanya koperasi yang berjalan petani kadang kesulitan untuk memproduksi, mendistribusikan dan memasarkan.

Apabila ada koperasi yang berjalan tentu produksi akan meningkat dan pemasaran lebih luas. (*)