Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Kuda Permata Sartika Juara Sawahlunto Derby 2012

Sawahlunto, (ANTARA) - Kuda Permata Sartika berhasil meraih juara pada lomba pacuan kuda Sawahlunto derby 2012 jarak 1.500 meter di Gelanggang Pacu Kuda Kandi Kota Sawahlunto, Minggu(2/12).

Kuda Permata Sartika yang berasal dari Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, dengan joki Anton berhasil menjadi yang tercepat mengalahkan kuda Pratama Tanjung Sari dari DKI Jakarta yang berada pada posisi kedua.

Sementara posisi ketiga pada kelas yang memperebutkan total hadiah Rp150 juta tersebut ditempati oleh Kuda Neymar dari Kabupaten Solok dengan joki Hendri dan posisi keempat diraih oleh kuda Saabil dengan joki Firmansyah dari Kota Sawahlunto.

Bertanding di lintasan empat, kuda permata sartika yang sempat tertinggal 500 meter pertama dari kuda pratama tanjung sari, berhasil menyusul dan menyamakan posisi dengan kuda andalan DKI tersebut.

Memasuki 500 meter jelang finish, kuda pratama tanjung sari melakukan kesalahan dengan mengambil jalur terluar dari lintasan, hal itu langsung dimanfaatkan joki permata sartika dengan mengambil alih posisi terdepan sampai garis finish.

Kemenangan kuda permata sartika tersebut disambut suka cita dari ribuan pecandu olahraga berkuda yang memadati gelanggang pacuan kuda kebanggan masyarakat Kota Sawahlunto tersebut.

Kelas Sawahlunto derby merupakan kelas yang paling bergengsi dibanding kelas lainnya pada kejuaraan tersebut, dimana pada kelas ini, kuda yang ikut pacuan harus berusia tiga tahun, dan hanya diizinkan bertanding satu kali dalam kelas itu.

Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Amril Emir di Sawahlunto mengatakan, kejuaraan itu merupakan event rutin yang digelar tiap tahunnya, pada pergelaran tahun ini, katanya, bertepatan dengan ulang tahun Kota Sawahlunto yang ke 124.

"Selain mempertandingkan kuda lokal, kita juga mengundang Pordasi di Seluruh Indonesia untuk ikut kejuaraan ini," katanya.

Pacuan kuda sawahlunto derby 2012 merupakan pergelaran yang digelar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumbar bekerjasama dengan pemerintah Kota Sawahlunto dan pihak sponsor.

Selain mempertandingkan kelas derby tersebut, Sawahlunto derby 2012 juga memperlombakan sembilan kelas lainnya, seperti kelas kuda lokal divisi 1- 4 , kuda pemula perdana, kelas CD 2 tahun pemula.

Pada tiap kelas yang dipertandingkan pihak panitia menyediakan hadiah uang tabanas berkisar Rp4 juta sampai Rp150 juta. (*/sun)





Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga