Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Idul Adha 1435H
Berita

Kab. Lima Puluh Kota - 21/06/2012 09:41 WIB

Menteri PU Tinjau Jalan Layang Kelok Sembilan

Sarilamak, (Antara Sumbar) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meninjau proyek pembangunan jalan layang (fly over) Kelok Sembilan, di kawasan Jorong Aia Putiah, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Kamis.

Djoko di Sarilamak, Kamis (21/6), mengatakan mega proyek tersebut akan tuntas dikerjakan akhir tahun ini.

"Pengerjaan proyek jalan nasional ini akan tuntas pada akhir tahun jika tidak ada kendala. Yang jelas, dengan perencanaan dan dana yang tersedia, kita akan terus menggenjot agar pengupayaan pengerjaannya selesai sesuai tenggat waktunya," katanya.

Selain menargetkan agar pembangunan jembatan layang dikebut, dia meminta Dinas PU Provinsi Sumbar dan Limapuluh Kota agar bekerja sama serta berkoordinasi dalam penyuksesan pembangunan jalan nasional tersebut.

Sebelum meninjau jembatan, Menteri PU terlebih dahulu melakukan rapat di lokasi guna mengetahui sejauh mana proses pembangunan proyek tersebut.

Menurut PPK Proyek Jembatan Kelok Sembilan, Dahler, proyek ini dapat dirampungkan akhir tahun ini dengan catatan alokasi dananya mencukupi.

Dia mengatakan, pekerjaan tahap I yang telah diselesaikan sebanyak empat jembatan yakni Jembatan 3, 4, dan 6. Adapun progres fisik jembatan 5 sudah mencapai 90 persen dan Desember mendatang diupayakan selesai.

Menurut dia, penanganan jembatan 5 tergolong paling sulit karena menyangkut ketinggian bangunan konstruksinya serta kondisi lereng yang cukup curam.

Hingga saat ini anggaran yang telah terserap dari awal pekerjaan dilaksanakan sampai akhir 2011 (tahap 1) mencapai Rp351 miliar.

Sementara untuk tahun 2012, kata dia, proyek jembatan Kelok 9 ditenderkan kembali. "Jembatan ini memiliki panjang 970 meter ditambah pembuatan jalan baru sepanjang 2,5 kilometer," katanya.

Terkait peresmian jembatan layang, Bupati Alis Marajo saat menjamu rombongan kementerian PU di aula kantor Bupati berharap agar peresmian jalan layang Kelok Sembilan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bersamaan dengan peresmian monumen bela negara di Suliki.

"Kita meminta sekaligus mengharapkan agar peresmian dua pembangunan program nasional dilakukan Pak Presiden," katanya di hadapan Menteri PU Djoko Kirmanto.

Kunjungan Menteri PU Djoko Kirmanto didampingi sejumlah staf ahli dari Kementerian PU, serta dipandu Pejabat Pembuat Keputusaan (PPK) Proyek Pembangunan Jembatan Kelok Sembilan, Dahler, dan Kepala Dua Daerah, Bupati Alis Marajo dan Wali kota Payakumbuh, Josrizal Zain. (*/mik/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Lima Puluh Kota - 15/10/2014 08:34 WIB WIB

Bupati: Pembangunan dan Pelayanan Publik harus..


Kab. Lima Puluh Kota - 06/10/2014 07:28 WIB WIB

Dua Jorong Kenagarian Kubang Korbankan 100 Ekor..