Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang - 25/11/2012 08:16 WIB

Pengamat: Pemerintah Optimalkan Dorong Industri dalam Negeri

Padang (Antara Sumbar) - Pengamat ekonomi dari Universitas Bung Hatta (UBH) Padang Dr Syafrizal Chan berpendapat pemerintah harus mendorong pertumbuhan industri dalam negeri secara optimal di tengah masih berlangsungnya krisis keuangan di Eropa.

"Kini pergerakan pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik meski terjadi pemangkasan target ekspor berkisar 5-7 persen," kata mantan Direktur Pascasarjana UBH it di Padang, Minggu.

Menurut dia, target pertumbuhan ekspor yang terpangkas 5-7 persen itu perlu diwaspadai agar dampaknya tidak berimbas kepada perekonomian masyarakat.

Salah satu upaya, menurut dia, resesi ekonomi yang masih berlangsung di negara tujuan ekspor Indonesia harus dijadikan peluang untuk mendorong tumbuhnya industri dalam negeri.

Terkait daya beli masyarakat yang relatif tinggi, maka alternatifnya bagaimana memperkuat pasar dalam negeri karena potensi pasar dan peluang investor untuk datang masih cukup menyakinkan.

Kemudian, industri pengolahan bahan baku, mentah maupun setengah jadi mesti menjadi perhatian dan harus dimanfaatkan untuk tumbuhnya industri dalam negeri.

Selain itu, dengan kondisi sekarang dibutuhkan kebijakan pemerintah, misalnya dengan memberi insentif berupa keringanan pajak bagi kalangan pengusaha.

Langkah selanjutnya, menurut dia, perlu pengembangan sasaran pasar ekspor ke negara-negara di ASEAN dan Asia. Bahkan yang tak kalah penting pemerintah perlu menerapkan kebijakan imbal beli dengan negara-negara lain.

"Jika hal itu dilakukan, tentu semakin memperluas pasar produk ekspor nasional dan tak hanya ke negera Eropa atau AS saja. Kita minta pemerintah tidak lengah dengan kondisi pergerakan ekonomi nasional yang saat ini tumbuh cukup baik, tapi mesti terus melakukan berbagai upaya untuk menepis dampak krisis keuangan global tersebut," ujarnya. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang - Hari ini, jam 05:59 WIB WIB

338 Napi di Padang Diusulkan Dapat Resmi..


Padang - 23/07/2014 07:21 WIB WIB

BPJS Kesehatan akan Tambah Fasilitas Kesehatan..