Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 21/12/2012 01:31 WIB

Gubernur Sumbar: Wisata Olahraga Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

Irwan Prayitno

Irwan Prayitno

Jakarta, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan wisata olahraga atau "sport tourism" berdampak pada tumbuhnya sektor ekonomi kreatif masyarakat di wilayah yang dipimpinnya.

"Contohnya dalam 'event' Tour de Singkarak, bisa menumbuhkan ekonomi kreatif dengan peningkatan secara kualitas dan kualitas 'franchise' restoran dari lokal maupun internasional," kata Irwan Prayitno dalam seminar nasional bertajuk "Regulasi dan Peluang Sport Tourism untuk Mengoptimalkan Potensi Wisata Daerah" di Auditorium Adhyana, Wisma ANTARA, Jakarta, Jumat.

Selain itu, kata Irwan, jumlah dan kualitas toko cinderamata juga bertambah akibat berkembangnya "sport tourism" di Sumbar. Menurut dia, unit usaha ekonomi kreatif di wilayah tersebut juga tumbuh berkembang dengan baik.

Irwan mengatakan, jumlah wisatawan lokal yang berkunjung ke wilayah itu tiap tahunnya terus meningkat, misalnya pada 2010 sebanyak 4.575.601 orang dan di 2011 menjadi 5.106.321 orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara juga mengalami peningkatan, dari 133.404 orang pada 2010 menjadi 185.781 orang pada 2011.

"Peningkatan jumlah wisatawan juga diikuti dengan peningkatan jumlah hotel dan kamar di Sumatera Barat. Di tahun 2011 sebanyak 230 hotel dengan 4.012 kamar dan meningkat menjadi 237 hotel dengan 5.225 kamar di 2012," ujarnya.

Dia mengatakan, wisata olahraga juga berkontribusi pada perbaikan infrastruktur jalan yang langsung dinikmati masyarakat dalam memperlancar arus barang dan jasa. Dia mengatakan, panjang jalan di Sumbar pada 2010 sepanjang 551 kilometer dan bertambah menjadi 739 kilometer di 2011.

"Di tahun 2012 menjadi 854 kilometer. Selain itu meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pariwisata," katanya.

Menurut dia, kedepan Pemerintah Provinsi Sumbar akan terus meningkatkan kualitas wisata olahraga di wilayah itu, termasuk kegiatan Tour de Singkarak dengan menambah rute, durasi lomba. Selain itu menurut dia, pelaku usaha akan diberikan pembiayaan dari pemerintah daerah dan pusat.

Dia mengatakan, ada beberapa kegiatan wisata olahraga terdapat di Sumatera Barat selain Tour de Singkarak, seperti Pacu Jawi, Pacu Itik, Buru Babi, dan International Boat Dragon.

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka perayaan HUT ke-75 Perum LKBN ANTARA itu juga menghadirkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo, dan pelaku kegiatan wisata olahraga di Bali I Made Mandi Widhiana. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 02:05 WIB WIB

CT Ingin Merubah Pola Pikir Pemerintah Pusat..


Provinsi - Hari ini, jam 01:58 WIB WIB

Gubernur: Pembangunan Sumatera Jangan Hanya..