Berita harian sumbar terkini update terlengkap

HUT RRI Padang
Berita

Kab. Pasaman - 04/01/2013 06:31 WIB

Pasaman Siapkan Tim Pembina PKK-KB Kes

Lubuk Sikaping, Sumbar (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman mempersiapkan tim pembina PKK-KB Kes di setiap Kecamatan dalam mendukung pencapaian Program KB Kes yang telah dicanangkan secara nasional pada 2013.

"Tim yang diturunkan ini diharapkan mampu memberikan konstribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan terutama sesehatan keluarga melalui kuatnya peran setiap PKK di kecamatan," kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kabupaten Pasaman Hendri di Lubuksikaping, Jumat (4/13).

Menurut dia, tim tersebut akan ditugaskan untuk mengarahkan PKK agar lebih produktif dan proaktif dalam menunjang peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kesehatan lingkungan, Posyandu dan program Keluarga Berencana (KB) di tengah masyarakat.

Dia menjelaskan, bahwa Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Keluarga Berencana Kesehatan (PKK KB-kes) merupakan salah satu upaya memperluas cakupan dalam menjalankan program kesejahteraan keluarga yang berimplementasi pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

"Dengan begitu, penyuksesan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektor akan dapat terealisasi dengan meningkatnya peran serta PKK tersebut," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan monitoring terhadap perkembangan dan peranan setiap PKK pada 12 kecamatan di daerah itu dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat tentang pola hidup sehat secara benar.

Dalam hal tersebut, pemkab juga melakukan penilaian terhadap setiap PKK di kecamatan secara berkala untuk menentukan yang lebih aktif dan terbaik dalam melaksanakan kegiatan dari setiap program PKK.

"Tim yang dinilai terbaik juga akan menjadi utusan daerah Pasaman ke tingkat provinsi nantinya," ujar dia.

Untuk perkembangan pemakaian KB sendiri di Pasaman sejak beberapa tahun belakangan selalu mengalami peningkatan dari yang telah ditargetkan.

"Pada 2012 pemakaian KB di Pasaman yang meliputi pemasangan implan, suntik, kondom dan pil meningkat tajam dari sekitar 11.000 akseptor yang ditargetkan," kata dia.

Begitu juga dengan pemasangan KB pada 2011 yang meningkat sebesar 127 persen dari 11.082 akseptor yang ditargetkan. (**/zik/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman - Hari ini, jam 02:24 WIB WIB

Polres Pasaman Siagakan Personel Antisipasi..


Kab. Pasaman - Hari ini, jam 02:21 WIB WIB

Pemkab Pasaman Segera Lakukan Pemeriksaan Hewan..