Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang Panjang - 12/02/2013 04:34 WIB

Padangpanjang Alokasikan Insentif Guru TPQ/TPSQ Rp1,2 Miliar

Padangpanjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, mengalokasikan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk bantuan insentif bagi guru Taman Pengajian AL Quran/Taman Pendidikan Seni Al Quran (TPQ/TPSQ) selama 2013.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Masyarakat Yulius Yakub di Padangpanjang, Selasa mengatakan, bantuan tersebut sebagai upaya meningkatkan motivasi dan tanggung jawab guru TPQ/TPSQ.

Bantuan berupa penggantian dana transportasi tersebut dibagikan kepada 250 guru TPQ/TPSQ yang telah meraih sertifikasi A.

"Ada sebanyak 250 guru TPQ/TPSQ yang sudah disertifikasi mulai dari A, B dan C. Namun anggaran tersebut untuk guru yang bersertifikasi A," kata dia.

Dia mengatakan, bagi guru yang belum memiliki bersertifikasi A akan diberikan pelatihan dan ujian kompetensi agar bisa memiliki bersertifikasi A.

"Guru bersertifikasi A akan menerima honor Rp400 ribu per bulan yang akan dibagikan satu kali tiga bulan. Saat ini sedang berlangsung pelatihan dan sertifikasi bagi guru TPQ/TPSQ tersebut," sebut dia.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Padangpanjang telah mengupayakan berbagai program, seperti pembinaan dan sertifikasi dalam peningkatan kualitas guru TPQ/TPSQ.

"Pembinaan yang diberikan dalam bentuk pelatihan, yakni psikologi pendidikan anak, metode baca tulis Al Quran dan pelajaran tajwid," katanya.

Sertifikasi yang dilakukan, untuk mengevaluasi kemampuan guru di bidang ilmu tajwid, naghamad, tahfizh, manajemen dan metode mengajar.

Melalui program tersebut, dia mengharapkan tidak ada masyarakat yang tidak bisa tulis baca Al Quran di bumi "Serambi Mekah" tersebut.

Dengan bekal pembinaan yang telah dilakukan, sejauh ini para guru TPQ/TPSQ dapat bekerja maksimal, meski bantuan yang berikan diakuinya belum mencukupi.

"Ke depan pemkot terus berupaya agar kesejahteraan guru dapat ditingkatkan dalam batas kemampuan keuangan daerah," ujarnya. (**/ben/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang Panjang - Hari ini, jam 02:32 WIB WIB

Irman Raih Suara Terbanyak di Padang Panjang..


Padang Panjang - Hari ini, jam 02:29 WIB WIB

KPU Padangpanjang: Partisipasi Pemilih Capai..