Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Provinsi - 28/02/2013 06:10 WIB

246 Desa di Sumbar Belum Teraliri Listrik

Jaringan listrik. (Antara)

Jaringan listrik. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - PT PLN Persero Sumatera Barat menyatakan 246 desa di provinsi itu hingga saat ini belum teraliri listrik, dan ditargetkan pihak terkait dalam lima tahun kedepan dapat dituntaskan.

General Manager PLN Sumbar Judi Winardi di Padang, Rabu, mengatakan berdasarkan hasil survei dan verifikasi yang dilakukan PLN di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumbar hingga saat ini masih ada 246 desa yang belum bisa dialiri listrik.

"Desa yang belum teraliri listrik tersebut terbanyak ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, dan beberapa daerah lainnya," kata Judi.

Dia menambahkan, sebagai program percepatan agar semua masyarakat mendapatkan listrik tersebut, sejak 2011 dilakukan program pemasangan instalasi listrik dua kali lipat dari jumlah sebelumnya yang hanya 28 ribu pelanggan setiap tahun.

Dengan program peningkatan pelanggan tersebut, hingga akhir 2012 PT PLN Persero baru dapat mengaliri rumah warga sebanyak 69.699 pelanggan.

Selain itu PT PLN Persero pada akhir tahun 2013 juga merencanakan untuk dapat pembangunan pembangkit listrik di sekitar Kabupaten Pesisir Selatan, untuk menjangkau penduduk setempat yang belum teraliri listrik, seperti kawasan Lunang, Kambang, dan lainnya.

Sementara itu, sebagai percepatan PT PLN Persero juga telah mengajukan pada pemerintah daerah setempat, konsep percepatan pembangunan jaringan listrik di pedesaan yang belum terjangkau tersebut.

Sehubungan dengan itu, saat ini untuk Mentawai, listrik yang digunakan adalah pembangkit listrik tenaga surya yang berkapasitas 15 kilowatt serta banyak masyarakat yang menggunakan generator sebagai sumber daya arus listrik.

"Masih banyaknya masyarakat yang belum dapat dijangkau tersebut, juga disebabkan faktor geografis didaerah ini, dimana ada medan yang sulit, namun dengan adanya upaya pengadaan listrik di desa-desa seperti membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) antara lain di Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Sijunjung, dan Pasaman Barat, juga sedikit membantu," jelasnya.

Program listrik masuk desa dengan menggunakan PLTMH, tersebut telah dilakukan sejak 2012, yang dipusatkan pada derah pegunungan seperti di Kabupaten Agam, Pesisir Selatan, dan Pasaman Barat, Pasaman, Solok, dengan target mampu meningkatkan rasio elektrifikasi listrik di Sumatera Barat. (*/eko/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 17/12/2014 10:28 WIB WIB

Kejati Sita Uang Kasus "Cleaning..


Provinsi - 17/12/2014 09:52 WIB WIB

Jaksa Hadirkan Empat Saksi Kasus Retribusi GOR..