Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Provinsi - 08/03/2013 08:53 WIB

Gubernur Sumbar Bentuk Tim Kasus Tambang Emas


Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno segera membentuk tim gabungan untuk menangani kasus tambang emas di aliran Sungai Batanghari, Kabupaten Solok Selatan, karena persoalan itu sudah membuat polemik di masyarakat setempat.

"Kita akan bentuk tim secepatnya kalau surat dari Pemerintah Solok Selatan sudah disampaikan ke Pemprov Sumbar. Selama ini penyampaikan secara lisan oleh bupati setempat," kata Irwan di Padang, Jumat, ketika diminta tanggapan terkait polemik penambangan emas di Sungai Batanghari Solok Selatan.

Ia mengatakan berbagai unsur yang dilibatkan dalam tim gabungan itu, antara lain pemprov, pemkab setempat, kepolisian, TNI, DPRD, dan elemen masyarakat.

Penanganan masalah pertambangan emas di aliran Sungai Batanghari itu, katanya, perlu secara komprehensif sehingga semua unsur dilibatkan dalam tim gabungan.

Namun, pihaknya hingga saat ini belum menerima permintaan secara tertulis dari Pemkab Solok Selatan terkait fasilitasi penanganan masalah pertambangan tersebut.

Ia menjelaskan pembentukan tim gabungan itu harus ada permintaan secara administrasi terlebih dahulu dari pemkab setempat.

"Secara lisan benar sudah disampaikan masalahnya dari Bupati dan bahkan rapat-rapat dengan Forum Koordinasi Pemda telah sering. Pemprov kurang tepat pula kalau terlalu jauh memfaslitasi tanpa ada permintaan secara tertulis," katanya.

Permasalahan aktivitas penambangan emas di kawasan Nagari (desa adat, red.) Lubuk Ulang Aling, Solok Selatan, mendapat sorotan dari kaukus DPD-DPR RI berasal dari Sumbar.

Kaukus menilai adanya oknum aparat yang menjadi "backing" aktivitas penambangan emas dengan menggunakan ratusan alat berat jenis eskavator tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, pihaknya tidak sanggup untuk menyelesaikan permasalahan aktivitas tambang emas di hulu Sungai Batanghari itu.

Oleh karena itu, pihaknya minta dukungan pemprov dengan membentuk tim untuk mencarikan jalan keluar yang tepat, sehingga aktivitas penambangan emas dapat dikendalikan, agar kerusakan lingkungan tak makin parah. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 24/07/2014 09:04 WIB WIB

LSM Dukung Penuntasan Kasus Alkes RSUD Padang..


Provinsi - 24/07/2014 03:31 WIB WIB

KPK Imbau Penyelenggara Negara Tolak Gratifikasi..