Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Provinsi - 10/03/2013 09:09 WIB

Sumbar Alokasikan Rp49,52 Miliar untuk Akses Pendidikan

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan dana mencapai Rp49,52 miliar untuk pelaksanaan program peningkatan akses, perluasan dan mutu pendidikan menengah di tahun 2013.

Dana bersumber dari APBD Sumbar 2013 tersebut dialokasikan dalam pos anggaran dinas pendidikan selaku satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pelaksana program tersebut, kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno di Padang, Minggu (10/3).

Dalam program ini, dilaksanakan 51 kegiatan terkait dengan peningkatan akses, perluasan dan mutu pendidikan menengah.

Pemprov Sumbar telah menetapkan enam arah yang hendak dicapai dalam peningkatan dan perluasan serta pemerataan akses pendidikan dalam pembangunan jangka menengah daerah (PJMD) Sumbar periode 2011-2015.

Enam arah yang ditetapkan itu bertujuan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Sumbar yang berkualitas, katanya.

Enam arah itu meliputi, pertama, meningkatnya kesempatan atau peluang warga masyarakat yang dalam usia sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Kedua, meningkatkan upaya pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak serta pendirian unit sekolah baru (USB).

Ketiga, meningkatkan jumlah peserta didik pada pendidikan dasar sehingga pada akhir 2015 diharapkan semua anak-anak dalam usia sekolah di kota dan di desa, baik laki-laki maupun perempuan telah menyelesaikan pendidikan dasar (SD, red).

Ke-empat meningkatnya jumlah kabupaten dan kota yang melaksanakan rintisan wajar sembilan tahun, sehingga pada akhir PJMD 2011-2015 telah mencapai 50 persen dari penduduk usia pendidikan dasar dan menengah telah berpartisipasi di sekolah.

Kelima, meningkatnya ketersediaan jumlah dan kualitas sarana prasarana pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Ke-enam, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan rintisan wajar pendidikan menengah 12 tahun. (*/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - 18/12/2014 07:54 WIB WIB

Sumbar akan Bangun Rumah Kemasan..


Provinsi - 18/12/2014 07:39 WIB WIB

Bukittinggi Masih Pimpin Perolehan Medali Porprov..