Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Pariaman - 16/03/2013 11:24 WIB

Pemkot Gelar Lomba Ciptakan Alat TTG

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menggelar lomba menciptakan dan merancang alat teknologi tepat guna (TTG) dalam mendukung pengembangan dan pendayagunaan sumber daya alam daerah itu.

"Perlombaan ini digelar untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kreatifitas dan produktifitas terutama dalam kaitannya menciptakan karya alat-alat TTG," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Kota Pariaman Lanefi di Pariaman, Sabtu.

Pendaftaran dimulai 4 Maret hingga 15 april 2013, seleksi dan penilaian dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap I mulai 16 hingga 19 April berupa seleksi administrasi (deskripsi alat).

Sedangkan untuk tahap II pada 22 April berupa presentasi alat dan wawancara.

Pemenang lomba akan dimumumkan melalui media cetak dan elektronik pada 25 april 2013.

Panitai membuka pendaftaran dalam dua kategori, yaitu Kategori umum dan kategori pelajar. Peserta kategori umum merupakan penduduk setempat dan berdomisili di Pariaman dibuktikan dengan KTP.

Sedangkan untuk peserta dari pelajar merupakan siswa/siswi sekolah dalam daerah Pariaman dan mewakili nama sekolahnya dengan membawa surat pengantar dari kepala sekolah serta dibuktikan dengan kartu pelajar.

Calon peserta dapat mengambil dan mengisi formulir pendaftaran serta persyaratan lainnya di kantor BPMD Kota Pariaman di Jl. Syekh Burhanuddin No. 145, Karan Aur dan melalui www.pariamankota.go.id dikirim ke email rikafitriani_023@yahoo.com.

Dia menambahkan, pihak panitia menyediakan hadiah kepada pemenang berupa piagam penghargaan dan uang tunai dari Pemkot Pariaman.

Pemenang pertama untuk kategori umum dan kategori Pelajar, memperoleh uang tunai sebesar Rp4 juta, pemenang kedua sebesar Rp3 juta dan ketiga sebesar Rp2 juta.

Pemenang lomba untuk masing-masing kategori tersebut akan mewakili Kota Pariaman mengikuti seleksi dan penilaian lomba inovator teknologi tingkat Provinsi Sumbar pada Mei 2013, dan akan ditampilkan pada gelar TTG XV tingkat Nasional di Padang pada September 2013, jelas dia.

Dia mengatakan, kriteria alat yang dilombakan berupa alat teknologi sederhana, orisinil, atau bisa berupa pengembangan dari alat yang telah ada, merupakan hasil rancangan dari peserta sendiri serta dapat dipertanggungjawabkan.

Ruang lingkup sayembara ini merancang alat, meliputi bidang pertanian dan ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, kesehatan dan obat-obatan, transportasi, informasi dan komunikasi, lingkungan hidup, rekayasa dan manufaktur, kelautan dan perikanan, kerajinan dan industri rumah tangga serta bidang lainnya terutama yang berkaitan dengan kemanfaatan dalam pengembangan komoditas unggulan Sumatera Barat.

"Alat yang diciptakan mempunyai dampak terhadap pembangunan ekonomi, dapat diterapkan dalam industri kecil dan menengah, ramah lingkungan, mudah dan murah di operasikan serta tidak memerlukan teknologi tinggi," kata Lanefi.

Dia menambahkan, tujuan digelarnya lomba tersebut untuk membangun dan memadukan persepsi terhadap lomba cipta karya TTG dan mendorong meningkatjkan teknologi yang dimiliki Kota Pariaman.

"Dari lomba ini masyarakat mampu berinovasi untuk menciptakan alat-alat TTG sehingga tercipta peluang dana kesempatan kerja bagi masyarakat di Kota Pariaman dan umumnya di Indonesia," kata dia. (**/zon/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Pariaman - 27/08/2014 11:53 WIB WIB

Premium Eceran di Pariaman Capai Rp10 Ribu..


Pariaman - 26/08/2014 11:28 WIB WIB

DPRD Pariaman Segera Bentuk Fraksi..