Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Provinsi - 20/03/2013 04:52 WIB

Sumbar Tingkatkan Penerapan Teknologi Tepat Guna Perkebunan

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perkebunan terus meningkatkan penerapan teknologi tepat guna (TTG) dan pengembangan teknologi informasi dalam peningkatan hasil produksi sub-sektor perkebunan.

"Tahun ini upaya meningkatkan penerapan TTG dan pengembangan teknologi informasi dilaksanakan dalam satu program oleh Dinas Perkebunan setempat," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu.

Dalam pelaksanaan program dengan enam kegiatan ini, Pemprov Sumbar mengalokasikan dana sebesar Rp1,52 miliar bersumber dari APBD provinsi 2013 membayai pelaksanaannya.

Sebelumnya, menurut dia, kegiatan pengolahan hasil-hasil produk pertanian pangan, perkebunan dan peternakan rakyat di daerahnya belum berkembang dengan baik.

"Begitu pula dengan penambahan jumlah industri berbasis bahan baku produk pertanian tidak terlihat nyata," katanya.

Permasalahan tersebut, termasuk dialami pada produk kakao (coklat) Sumbar sebagai salah satu komoditi perkebunan yang mempunyai peranan cukup penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara.

Ia mengatakan, permasalahan kakao Sumbar masih terdapat pada keterbatasan penyediaan bibit unggul yang belum mencukupi untuk pengembangan komoditi unggulan tersebut.

Begitu pula dalam pengembangan komoditi jagung belum optimal karena masih banyak potensi yang belum dapat dimanfaatkan.

Permasalahan dalam komoditi jagung Sumbar seperti penerapan teknologi budidaya yang ramah lingkungan belum sepenuhnya dilakukan, penanagan panen dan pascapanen yang belum memadai dan belum kuatnya kelembagaan petani komoditi ini.

Selain itu, meski Sumbar sebagai pemasok utama komoditi gambir di dunia, namun hasil pengolahan komoditi ini di Sumbar dalam bentuk produk jadi baru lima persen, katanya. (*/hen/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 10:01 WIB WIB

Teater Sumbar Mentas di Kompleks Perumahan..


Provinsi - Hari ini, jam 05:56 WIB WIB

"KKN ASEAN Spirit" Indonesia-Malaysia..