Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Nusantara - 26/03/2013 10:44 WIB

KLH Resmikan Laboratorium Pemantauan Sungai di Mamuju

Mamuju, (Antara Sumbar) - Laboratorium pemantauan kualitas air di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat diresmikan Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pengembangan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Henry Bastaman, Selasa.

"Laboratorium ini menunjukkan Kabupaten Mamuju dan Provinsi Sulawesi Barat siap dan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan pemantauan air sungai ," kata Henry Bastaman.

Henry Bastaman mewakili Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dalam pembukaan Rapat Kerja Teknis Tingkat Nasional Pemantauan Kualitas Air Sungai di 33 Provinsi.

Henry mengatakan pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan bisa berjalan beriringan.

"Contohnya adalah Provinsi Sulawesi Barat yang pertumbuhan ekonominya tertinggi nasional, yaitu 10,49 persen, tetapi kondisi lingkungan terutama kualitas air sungainya masih sangat baik," katanya.

Kenyataan di Sulawesi Barat itu, kata Henry, mematahkan paradigma bahwa upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi tidak bisa berjalan beriringan dengan pelestarian lingkungan.

Saat ini, di seluruh Indonesia terdapat 411 titik pantau yang berada di 52 sungai strategis nasional. Kriteria sungai yang dipantau dan masuk strategis nasional adalah sungai lintas provinsi dan batas negara, sungai prioritas KLH untuk diperbaiki serta sungai prioritas yang ditetapkan Menteri Pekerjaan Umum untuk diperbaiki.

Berdasar data pantauan 2012, hanya 0,49 persen persen titik pantau yang masih memenuhi kualitas mutu air kelas II. Sebanyak 75,25 persen titik pantau sungai memiliki status tercemar berat, 22,52 persen titik tercemar sedang dan 1,73 persen tercemar ringan.

Jumlah titik pantau sungai tercemar berat tertinggi ada di Jawa, yaitu 94 titik. Titik pantau sungai dengan skor tinggi sebagai indikator tercemar berat adalah Sungai Ciliiwung (DKI Jakarta) dan Sungai Citarum (Jawa Barat). (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 03:29 WIB WIB

KPK Terima 1.858 Pengaduan Dugaan Korupsi Sumut..


Nusantara - Hari ini, jam 02:31 WIB WIB

Polres Madina Amankan 31 Kilogram Ganja..