Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 27/03/2013 05:50 WIB

BLK Targetkan 2013 Latih 162.017 Naker

Menakertrans Muhaimin Iskandar. (Antara)

Menakertrans Muhaimin Iskandar. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Balai Latihan Kerja (BLK) dibawah naungan Kemenakertrans yang menyediakan berbagai program pelatihan keterampilan dan kompetensi kerja secara gratis menargetkan 2013 bisa melatih 162.017 orang, meningkat dibandingkan 2012 yang hanya 154. 958 orang.

"Para pencari kerja dan pengangguran harus memanfaatkan fasilitas pelatihan kerja di BLK berbagai daerah agar siap bekerja dan cepat diserap oleh pasar kerja dan industri," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis.

Muhaimin mengatakan pemerintah menyediakan fasilitas dan program-program pelatihan kerja di BLK untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di daerah-daerah.

"Kita terus mendorong BLK-BLK menjadi pusat dari peningkatan kompetensi masyarakat berdasarkan kebutuhan lokal. BLK pun harus memperhatikan basis potensi SDA dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di daerah-daerah," kata Muhaimin.

Selain itu, BLK-BLK di daerah diminta untuk bersifat fleksibel dan dinamis sehingga bisa mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan pasar industri melalui program-program pelatihan kerja yang berbasis kompetensi dan berorientasi pada pasar kerja lokal, nasional dan internasional.

Muhaimin mengatakan program pelatihan berbasis kebutuhan di BLK-BLK ditujukan penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dan produktif untuk mengurangi pengangguran terutama di daerah-daerah yang tingkat penganggurannya masih tinggi.

"Pola pelatihan di BLK-BLK milik pemda akan ditekankan pada jenis pelatihan sesuai yang dibutuhkan di daerah masing-masing. Seperti pelatihan keterampilan kejuruan otomotif, las, bangunan kayu dan batu, elektronik, komputer, teknologi informasi, menjahit, kerajinan tangan, pertanian dan perkebunan, serta lainnya," kata Muhaimin.

Melalui pelatihan kerja yang berbasis kompetensi di BLK diharapkan para tenaga kerja yang telah mengikuti pelatihan dapat segera diserap pasar kerja baik di pasar kerja lokal, nasional maupun pasar kerja luar negeri.

Namun Muhaimin mengakui belum semua BLK di daerah-daerah memiliki kualitas dan kapasitas pelatihan dan instruktur yang memadai.

Masih banyak Balai-balai latihan kerja UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) milik Pemda yang memerlukan pembenahan-pembenahan menyeluruh.

"Ada beberapa aspek yang harus dibenahi yaitu infrastruktur dan peralatan pelatihan, kuantitas dan kualitas instruktur, metode dan kurikulum pelatihan serta manajemen pengelolaan BLK itu sendiri," kata Muhaimin.

Menakertrans meminta agar pembenahan BLK-BLK milik pemda terus dilakukan dengan berpatokan pada 13 BLK UPT Pusat milik Kemenakertrans yang kondisinya sudah baik.

"BLK-BLK milik Kemenakertrans harus menjadi model percontohan bagi pembenahan BLK-BLK pemda," kata Muhaimin.

Berdasarkan data Kemenakertrans saat ini terdapat 13 BLK UPTP (Unit Pelayanan Teknis Pusat) milik Kemnakertrans dan 253 BLK UPTD milik pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 02:51 WIB WIB

Menko : Pemerintah Konsultasikan RAPBN Setelah..


Nasional - Hari ini, jam 02:49 WIB WIB

Marzuki Harapkan Pemerintah Baru Benahi..