Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pesisir Selatan - 10/04/2013 03:28 WIB

Pemkab Sosialisasi Pedoman Pendaftaran Ormas

Painan, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Kepala Bagian Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sekretariat Kabupaten (Sekkab) setempat, Muskamal pada sosialisasi itu di Painan, Rabu mengatakan, pemerintah setempat wajib melakukan pembinaan terhadap ormas yang legal (resmi). Ormas yang legal harus terdaftar di Kesbangpol setempat.

"Pemkab setempat harus melakukan pembinaan kepada LSM dan ormas yang sudah terdaftar di Kesbangpol. Bagi mereka yang tidak terdaftar maka dianggap ilegal dan keberadaannya tentu saja tidak diakui dan harus dibubarkan sesuai prosedur yang ada," ungkap dia.

Sosialisasi tersebut bertujuan agar ormas mengetahui dan memahami keberadaan serta kedudukannya, tata hubungan antara Pemerintah dengan ormas tersebut. Selain itu juga untuk meningkatkan tertib administrasi pendaftaran ormas, peningkatan hubungan kerja sama yang harmonis antara pemkab dengan ormas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ke depan dia berharap, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan ormas yang ada di kabupaten itu memahami dan dapat melaksanakan Permendagri RI itu.

Kata dia, salah satu fungsi pemkab yakni sebagai pelayan masyarakat yang mengandung prinsip fasilitas terhadap penyelenggaraan negara untuk mewujudkan tata pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, partisipasif, efektif dan efisien serta sesuai dengan aturan hukum yang ada.

Ormas sebagai salah satu wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan mitra setrategis pemerintah dalam menerapkan prinsip-prinsip "good governance" (pemerintah yang baik).

Di era demokrasi saat ini, kata dia, ormas memiliki peran konsultatif, advokatif, edukatif dan kariatif serta mempunyai fungsi penyalur aspirasi.

Ormas juga sebagai pendinamisasi masyarakat, wadah menjalankan aktivitas dan sarana untuk ikut membangun daerah serta fungsi kemitraan dan komunikasi sebagai mitra berbagai pihak dengan komponen lain.

Sesuai Permendagri tersebut ormas baru bisa didaftarkan jika telah didukung oleh 50 persen perwakilan atau kegiatan di kecamatan. Berbeda dengan Permendagri Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Ruang Lingkup, Tata Cara Pemberitahuan Kepada Pemerintah Serta Papan Nama dan Lambang Organisasi Kemasyarakatan, Ormas itu sudah dapat mendaftarkan diri apabila memiliki tiga orang anggota. (*/jun/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pesisir Selatan - Hari ini, jam 05:13 WIB WIB

Hanura Pesisir Selatan Dukung Program..


Kab. Pesisir Selatan - 29/10/2014 09:28 WIB WIB

Masyarakat Harapkan Pemkab Bangun Tanggul..