Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Solok - 10/04/2013 09:51 WIB

Randai Pukau Penonton Saat Penutupan HUT Kabupaten Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - penampilan Grup Kesenian Kubang Sakti, memukau jutaan penonton di saat acara penutupan peringatan 100 tahun hari jadi Kabupaten Solok, Selasa malam (9/4).

"Kita mencoba untuk membina para generasi muda untuk terus membudayakan kesenian tradisional ini Agar peninggalan leluhur ini tidak hilang begitu saja," kata Wali Nagari Labuah Panjang Ali Amran Karana di Koto Baru selasa malam.

Grup kesenian tari dan randai Kubang Sakti Nagari Labuah Panjang Kecamatan X Koto Diatas ini didirikan sejak tahun 1960. Yang diwariskan oleh leluhur dan dilestarikan oleh generasi penerusnya sampai sekarang.

Grup kesenian kubang sakti yang dipimpin oleh Wali Nagari Labuah Panjang Ali Amran Karana, beranggotakan 20 orang terdiri dari pemain music dan penari.

Grup ini dilatih oleh Citra Eka Putra, Muslim Kepala Jorong Batu Tungga. Dengan menciptakan gerakan-gerakan kreasi barunya mampu membuat Bupati Solok dan jutaan orang terperangah.

Menurut dia, dengan berkembangnya teknologi dan mudahnya akses internet yang sangat diminati kalangan muda-mudi, membawa dampak buruk terhadap mental generasi penerus nantinya.

Hal ini disebabkan merebaknya kesenian negara lain yang lebih dianggap populier sudah berarti para pempimpin bangsa sengaja telah memberi peluang untuk bangsa lain lewat ekspresi kesenian sebagai simbul boleh beredarnya budaya manca untuk meracuni, menggeser dan mengganti budaya yang menyangkut perilaku bangsa kita yang memiliki khas sendiri.

Acara di hadiri oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Ketua DPRD Syafri Dt. Siri Marajo, Sekda M.Saleh, Kepala Bank Nagari cabang Solok dan sekaligus ditutup oleh Bupati Solok Syamsu Rahim.

Menurut Bupati Solok Syamsu Rahim, gerakan yang ditampilkan oleh grup kesenian Kubang Sakti patut diberikan apresiasi. Karena di zaman modern sekarang ini sangat jarang yang generasi muda yang berminat untuk membudayakan kesenian tradisional.(cpw9/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok - 15/04/2014 07:05 WIB WIB

Pelaksanaan UN Hari Kedua Berjalan Lancar..


Kab. Solok - 15/04/2014 01:44 WIB WIB

Disdukcapil Tempatkan Petugas Teknis Pada Setiap..