Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Pasaman Barat - 12/04/2013 07:30 WIB

BPN Berikan 1.400 Sertifikat Prona Selama 2013

Simpang Ampek, (Antara Sumbar) - Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, berencana memberikan 1.400 sertifikat program nasional (Prona) secara gratis selama 2013.

"Terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2012 yang hanya 1.200 sertifikat. Hal itu disebabkan permintaan masyarakat nelakukan pengurusan sertifikat cukup tinggi," kata Markarios di Simpang Ampek, Jumat.

Dia mengatakan bahwa program Prona merupakan program dari pemerintah pusat yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu tidak dipungut biaya.

"Segala biaya yang dibutuhkan sudah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tidak ada pungutan biaya alias gratis bagi masyarakat untuk mendapatkan sertifikat prona ini," katanya.

Menurut dia, kalaupun ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat adalah kewenangan pemerintah nagari (desa adat) dalam pengurusan surat menyurat, sedangkan di BPN semuanya gatis, termasuk biaya pengukuran.

BPN setempat dalam menerbitkan sertifikat prona berkoordinasi dengan pihak nagari atau desa dan selanjutnya disampaikan kepada masyarakatnya yang dianggap berhak untuk mendapatkannya.

Dia menjelaskan syarat untuk mendapatkan sertifikat prona di antaranya telah memiliki surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tidak menjadi obyek sengketa, kesepkatakan kaum, dan surat pernyataan dari pemilik tanah.

"Untuk tanah yang dibeli, harus menyertakan surat induk dan kuitansi pembelian," kata dia.

Lebih jauh dia mengatakan bagi masyarakat yang membeli tanah diharapkan agar benar-benar melakukan pengecekan di kantor BPN. Sebab, masalah yang sering muncul adalah banyaknya tanah bersertifikat ganda.

"Kalau ingin membeli tanah diharapkan dicek ke BPN agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,"kata dia.

Dia juga meminta masyarakat yang telah mendaftarkan lahan atau tanahnya untuk mendapatkan sertifikat prona agar lebih proaktif terutama dalam melengkapi persyaratannya. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman Barat - 24/07/2014 03:32 WIB WIB

Kajari Sayangkan Pencatutan Namanya untuk Memeras..


Kab. Pasaman Barat - 24/07/2014 09:39 WIB WIB

Kajari Simpang Ampek Kesal Pencatutan untuk..