Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Padang Panjang - 09/06/2013 07:40 WIB

Nagari Labuh Gelar Buru Babi Sumbar - Riau

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Nagari Labuh Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanahdatar mengadakan "alek" buru babi Sumbar - Riau untuk memberantas hewan pemakan tanaman masyarakat di daerah itu, Minggu (9/6).

"Tidak sedikit tanaman masyarakat yang rusak akibat hama babi di Nagari Labuh ini," kata Wali Nagari Labuh Edi Neldi di Batusangkar.

Dia mengatakan, babi di nagari Labuh tersebut sudah meresahkan petani dan masyarakat setempat karena tanaman mereka banyak yang tidak bisa dipanen karena di rusak dan dimakan.

"Babi itu tidak saja memakan tanaman, namun juga sudah meresahkan karena kadang membahayakan nyawa manusia, karena hewan bertaring itu juga bisa sangat buas jika sudah terluka," kata dia.

Memburu babi dengan anjing itu dilakukan oleh ribuan orang atau para pecandu buru babi dari berbagai daerah. Mereka mulai memadati Nagari Labuh sejak pagi memakai kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat.

Dalam pelaksanaan buru babi, panitia yang sudah dibentuk sebelumnya oleh masyarakat setempat mengarahkan para pencandu buru babi ke lokasi yang dimana biasanya babi tersebut berkeliaran.

"Orang yang mengarahkan ini kami namakan "muncak", meraka akan mecari babi duluan dengan membawa pengeras suara sebelum para pecandu buru babi melepaskan anjingnya jika suda ada terlihat babi tersebut," kata dia.

Dia mengatakan, dari pelaksanaan memburu babi sejak pagi hingga sore, tidak sedikit babi tersebut yang mati akibat gigitan ribuan anjing.

"Sejak pagi tadi hingga sore ini sudah ada sekitar 10 ekor babi yang mati," kata dia.

Dia berharap dengan adanya berburu babi ini hama tanaman yang ditimbulkan babi tersebut bisa berkurang, sehingga petani setempat bisa menikamati hasil pertaniannya dengan maksimal.

"Berburu babi ini akan kita lakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan," kata dia. (**/ben/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang Panjang - 21/11/2014 01:42 WIB WIB

Padang Panjang Terus Sosialisasikan PTM ke..


Padang Panjang - 20/11/2014 08:32 WIB WIB

Rencana Pembangunan Pasar Makin Tak Jelas..