Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 25/07/2013 06:44 WIB

Tujuh Regulasi BPJS Ketenagakerjaan Ditargetkan Selesai 2013

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. (Antara)

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan penerbitan tujuh regulasi yang mengatur pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan hingga Desember 2013.

"Secara keseluruhan ada sepuluh peraturan yang akan diterbitkan untuk menyukseskan pelaksanaan BPJS ketenagakerjaan, tapi saat ini tujuh regulasi yang ditargetkan selesai pada tahun 2013 ini sudah jadi dalam bentuk draf, sedangkan tiga sisanya masih dalan pembahasan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Kantor Kemnakertrans, Kamis.

Muhaimin mengatakan dalam persiapan pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah membagi penyusunan regulasinya menjadi dua prioritas kerja dengan memperhatikan kegentingan dan waktu pelaksanaan.

"Penyusunan regulasi prioritas pertama yang ditargetkan selesai akhir tahun 2013 ini jumlahnya ada tujuh regulasi yang terdiri dari lima Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan dua Rancangan Peraturan Presiden (R-Perpres)," kata Muhaimin.

Ketujuh regulasi tersebut adalah RPP tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua; RPP tentang Program Jaminan Pensiun; RPP tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif; RPP tentang Tata Cara Pengelolaan dan Pengembangan Dana Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan; RPerpres tentang Penahapan Kepesertaan Jaminan Sosial; RPerpres tentang Pengelolaan Program dan Laporan Keuangan BPJS Ketenagakerjaan serta RPP Hubungan Antar Lembaga.

Sedangkan sisanya sebanyak tiga regulasi akan diselesaikan tahun 2014 yang terdiri atas satu RPP, satu Rancangan Perpres dan satu Rancangan Keputusan Presiden (Keppres).

Ketiga draf aturan tersebut adalah RPP tentang Tata Cara Transformasi Program Dari PT Asabri dan PTTaspen Ke BPJS Ketenagakerjaan (Transformasi Tahun 2029); RPerpres tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan (aturan ditetapkan paling lambat Tahun 2016) serta RKeppres tentang Pernbentukan Panitia Seleksi Dewan Pengawas dan Direksi (aturan ditetapkan paling lambal Tahun 2016).

"Selanjutnya, pembahasan draf peraturan turunan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS akan melibatkan lintas Kementerian dan lembaga terkait lainnya seperti LKS Tripartit Nasional, OJK, DJSN, TNI-Polri dan lainnya," kata Muhaimin.

Berdasarkan SK Menteri Koordinator Bidang Kesra No.17 Tahun 2012 jo. SK Menteri Koordinator Bidang Kesra No. 22 Tahun 2012 tentang Tim Penyiapan BPJS, Kemnakertrans ditunjuk sebagai pemimpin penyiapan BPJS Ketenagakerjaan dan telah membentuk dua Kelompok Kerja (Pokja) untuk menyiapkan penyusunan regulasi BPJS Ketenagakerjaan.

Kedua Pokja tersebut adalah Pokja I tentang Pembiayaan, Iuran dan Manfaat yang diketuai Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Kemnakertrans (PPK) dan Pokja II tentang Regulasi, Transformasi Kelembagaan dan Program diketuai Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnakertrans (PHI dan Jamsos).

Muhaimin menyatakan optimistis nantinya BPJS Ketenagakerjaan dapat berjalan dengan baik dan untuk mendukung hal tersebut, pemerintah terus membuka pintu dialog dengan pekerja/buruh, pengusaha, penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan serta elemen masyarakat lainnya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 10:45 WIB WIB

Empat Panelis Bedah Buku Dirut Semen Indonesia..


Nasional - Hari ini, jam 09:45 WIB WIB

Kemenpora Upayakan Asian Games 2019 di Indonesia..