Berita harian sumbar terkini update terlengkap

HUT RRI Padang
Berita

Internasional - 01/08/2013 07:04 WIB

Bashar Yakin Kalahkan Pemberontak Suriah

Beirut, (Antara/Reuters) - Presiden Suriah Bashar al-Assad pada Kamis mengatakan percaya menang dalam pertempuran melawan pemberontak dalam perang saudara 28 bulan, yang menewaskan lebih dari 100.000 orang dan menyebabkan hampir dua juga orang mengungsi dari negeri itu.

Gerilyawan telah mengambil wilayah besar negara tersebut, namun pasukan Bashar melakukan serangan dalam beberapa pekan belakangan, mendorong mereka kembali dari sekitar ibu kota Damaskus dan merebut kembali beberapa kota di dekat perbatasan dengan Libanon.

"Jika kami tidak yakin bahwa kami akan menang di Suriah, kami tidak akan mampu untuk melawan dan kemampuan untuk melanjutkan perjuangan untuk lebih dari dua tahun melawan musuh," kata kantor berita SANA mengutip pernyataan Bashar.

Bashar menghadapi pemberontakan empat dekade terhadap pemerintahan keluarganya yang didukung konspirasi asing berjuang terhadap "teroris" Islam. Ketika unjuk rasa pro demokrasi mulai pada Maret 2011, tindakan keras militer akhirnya menyebabkan pemberontakan bersenjata.

Pada ulang tahun ke 68 tentara Suriah, Bashar mengatakan bahwa prajurit telah menunjukkan keberanian dalam menghadapi teroris dan perang barbar yang sengit dalam sejarah modern.

Penyelidik PBB mengatakan tentara Bashar telah melakukan kejahatan perang termasuk membunuh melanggar hukum, penyiksaan, kekerasan seksual, serangan membabi buta, dan penjarahan. Mereka mengatakan pemberontak juga melakukan kejahatan perang termasuk eksekusi tapi pada skala yang lebih rendah.

Pertempuran di Suriah menjadi konflik sektarian, secara luas mengadu domba pemberontak Sunni dan melawan sekte Alawite, yang merupakan cabang dari Syiah.

Bashar mengandalkan pada unit tentara Alawite dan tentara keamanan dari awal tapi berubah ke loyalis bersenjata dan didanai Damaskus untuk melawan pemberontak.

Dia juga menerima dukungan solid dari Iran, Hizbulloh Libanon, dan sekutu lama Rusia. Sementera musuhnya menerima bantuan militer dari Barat yang khawatir berkembangnya kelompok pemberontak Islam yang beberapa berhubungan pada al Qaeda. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - Hari ini, jam 07:23 WIB WIB

Pasukan Perdamaian PBB Diperintahkan Mundur dari..


Internasional - Hari ini, jam 07:04 WIB WIB

Rusia Berkomitmen Perluas Kerja Sama Ekonomi..