Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 05/09/2013 03:31 WIB

Yogyakarta Fokus Pembangunan Bandara Baru

Nanning, China, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kini terus memfokuskan rencana pembangunan bandara baru di Kabupaten Kulonprogo, hingga dapat selesai dalam empat tahun mendatang yang dimulai pada 2014.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di sela-sela penyelenggaraan pameran dagang dan investasi ASEAN-China di Nanning, China Kamis mengatakan keberadaan bandara baru menggantikan Bandara Adi Sutjipto sebagai bandara internasional sangat mendesak.

Menurut Sultan bandara baru itu untuk mendukung peningkatan pembangunan di Yogyakarta.

Ia menegaskan keberadaan bandara internasional yang lebih representatif sangat penting untuk mendukung arus barang dan jasa, mengingat Yogyakarta merupakan kota seni, budaya, kota pendidikan dan pariwisata.

"Dengan bandara yang lebih besar maka volume arus barang dan jasa juga akan meningkat, turis juga akan meningkat. Ini yang akan Kami maksimalkan untuk meningkatkan potensi ekonomi Yogyakarta," ujar Sri Sultan.

Kementerian Perhubungan RI menyatakan bahwa Izin Penetapan Lokasi (IPL) untuk proses pembangunan bandara internasional di Kulonprogo akan diterbitkan dalam beberapa pekan ke depan. Dengan demikian proses-proses penyediaan lahan bandara bisa segera dilaksanakan akhir tahun ini.

Dalam kegiatan ASEAN-China Expo dan China-ASEAN Business and Invesment Summit 2013 di Nanning, Yogyakarta ditetapkan sebagai Kota Pesona. Dalam kesempatan itu Yogyakarta mempromosikan segala potensi ekonomi serta peluang investasi yang dimilikinya.

Sri Sultan mengatakan investasi dan volume perdagangan dengan China masih relatif kecil, termask jumlah turis Negeri Panda itu ke Yogyakarta.

"Karena itu Kami terus berupaya untuk meningatkan seluruh potensi ekonomi, seni dan budaya yang ada untuk menjaring investasi tidak saja dari dalam negeri, tetapi juga mancanegara termasuk China," ujarnya.

Yogyakarta akan memiliki bandara yang lebih luas dengan kapasitas lebih banyak. Bandara baru tersebut rencananya akan berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila pembangunan berjalan sesuai rencana, bandara baru akan mulai beroperasi pada 2017.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Tommy Soetomo sebelumnya mengatakan bandara baru akan menggunakan lahan seluas 650 hektar dengan investasi pembangunan senilai Rp 6 triliun. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 01:19 WIB WIB

Bank Mandiri Turunkan Suku Bunga Deposito..


Nasional - Hari ini, jam 01:18 WIB WIB

Kejagung Kirim Tim ke Eropa Telusuri Koruptor..