Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Nusantara - 06/02/2014 11:35 WIB

Kabut Asap Riau Meluas

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Pencemaran udara makin meluas di sejumlah wilayah kota/kabupaten sebagai dampak dari peristiwa kebakaran lahan atau hutan di sejumlah wilayah.

Untuk di Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, Kamis pagi, terpantau kabut asap masih begitu pekat mencemari udara di berbagai kawasan seperti jalanan, kompleks perumahan, hingga perkantoran di tengah kota.

Sementara itu di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis dilaporkan kabur asap tampak pekat mengingat peristiwa kebakaran lahan atau hutan di daerah ini yang terus meluas.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Siak, Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Kota Dumai serta sejumlah wilayah lainnya di Riau.

Badan Meteorologi Klimatorologi Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan kabut asap telah mencemari udara di sebagian wilayah Riau sejak satu pekan terakhir.

"Kepulan asap yang terlihat di atas Kota Pekanbaru pada pagi dan sore hari itu memang asap, bukan awan," kata analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami.

Ia mengatakan, kabut asap itu berasal dari sejumlah titik api (hotspot) yang saat ini mulai banyak ditemukan di beberapa kabupaten/kota di Riau.

Hasil pantauan satelit NOAA 18, demikian Sanya, diketahui titik api itu telah menyebar dan jumlahnya terus bertambah.

"Bahkan sedikitnya 7 titik api ditemukan di areal beberapa perusahaan perkebunan sawit berskala besar di Riau," katanya.

Peristiwa kebakaran lahan di Riau menurut dia dipicu oleh cuaca panas yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

"Ditambah lagi minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak membakar lahan di saat musim kemarau. Akibatnya seperti ini," katanya. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - Hari ini, jam 06:32 WIB WIB

Krakatau "Reunion" Hipnotis Pecinta..


Nusantara - 23/11/2014 08:05 WIB WIB

Lion-Citilink Ajukan Penerbangan Malam dari Batam..