Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Bukittinggi - 10/03/2013 01:19 WIB

Bukittinggi Kembali Diguncang Gempa

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Bukittinggi, salah satu kota tujuan wisata di Sumatera Barat, kembali diguncang gempa berkekuatan 3,1 SR pada Minggu pagi.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pukul 06:27:52 WIB kedalaman 10 Km lokasi 0.35 LS, 100.38 BT, pusat gempa berada di darat 7 kilometer Barat Daya Bukit Tinggi dirasakan (MMI) II Padangpanjang.

Tasmon, seorang warga Bukittinggi, menyebutkan, gempa yang terjadi sempat membuat dia dan keluarganya berhamburan ke luar rumah.

"Guncangan gempa hanya berlangsung sebentar," kata dia.

Dia menceritakan, guncangan gempa tersebut telah membuat istrinya yang sedang mencuci piring menjerit histeris.

"Sejumlah masyarakat yang berada di komplek Pemda Gulai Bancah juga terlihat ke luar rumah akibat guncangan gempa," kata dia.

Warga lainnya yang tinggal di Tangah Sawah, Andi, mengaku tidak keluar rumah sewaktu gempa mengguncang.

"Getarannya hanya sebentar sehingga tidak perlu keluar rumah," katanya.

Hal sama juga disampaikan Yulia yang mengatakan tidak sempat keluar rumah waktu guncangan gempa terjadi.

"Getaran gempa cukup kuat namun hanya sebentar," katanya.

Sementara itu, para pengujung hotel di Bukittinggi sewaktu gempa mengguncang berlarian keluar.

"Guncangan gempa sangat dirasakan di bangunan bertingkat. Mungkin karena itu pengujung yang menginap di lantai dua berlarian keluar," kata Riski, seorang pegawai hotel di Bukittinggi.

Dia menyebutkan, beberapa orang pengunjung tidak jadi keluar hotel karena getaran gempa hanya sebentar. "Karena getarannya tidak lama sehingga pengujung yang baru saja keluar kamar kembali masuk," katanya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada pengujung yang telah memboking kamar hotel selama dua hari membatalkan menginap akibat gempa.

Pemkot Bukittinggi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengimbau masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

"Gempa dapat terjadi kapan dan di mana saja. Untuk itu agar meningkatkan kewaspadaan, khusus yang tinggal di sepanjang bibir Ngarai Sianok," kata Kepala BPBD Kota Bukittinggi Daspul.

Sebelumnya, Bukittinggi sudah tiga kali diguncang gempa yaitu Selasa (19/2) sebanyak dua kali yaitu sekitar pukul 07.17 WIB kekuatan 4 SR dan pukul 07.25 WIB kekuatan 3,1 SR serta Sabtu (23/2) pukul 09.46 WIB kekuatan 3 SR.

Guncangan gempa yang terjadi pada Sabtu pukul 09.46 WIB berkekuatan 3 SR kedalaman 10 Km lokasi 0.28 LS, 100,34 BT, pusat gempa berada di darat 5 km Timur Laut Bukittinggi dirasakan (MMI) II-III Bukittinggi, II Padangpanjang. (*/ham/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Bukittinggi - 21/07/2014 06:10 WIB WIB

Polres Bukittinggi Kerahkan 364 Personel Amankan..


Bukittinggi - 21/07/2014 06:03 WIB WIB

Polres Bukittinggi Dirikan Lima Pos Pelayanan..