Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Bukittinggi - 04/04/2013 05:08 WIB

Pemkot Bukittinggi Vaksinasi Hewan Buas Cegah Rabies

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melakukan vaksinasi hewan jenis anjing dalam upaya mencegah berkembangnya penyakit rabies di kota setempat di tahun 2013.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bukittinggi Melwizardi, Kamis menyebutkan, vaksinasi hewan jenis anjing tersebut dilaksanakan di kantor kelurahan.

"Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 24 kelurahan yang ada pada tiga kecamatan yang tersebar di Kota Bukittinggi. Vaksinasi dilakukan secara gratis," kata dia.

Vaksinasi hewan jenis anjing tersebut, menurut dia, sudah merupakan kegiatan rutin Dinas Pertania dan Peternakan setiap tahunnya.

"Sebanyak 10 petugas dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Kegiatan vaksinasi digelar dari 1 hingga 25 April 2013," kata dia.

Menurut dia, vaksinasi rabies tersebut tanpa dipungut biaya kerena menggunakan dana pemerintah.

"Warga yang ingin melakukan vaksinasi hewan juga dapat datang ke Puskeswan di Talao tanpa biaya," katanya.

Pada program vaksinasi itu, kata dia, pihaknya tidak kesulitan mengajak masyarakat yang memelihara ajing perburuan dalam melaksanakan program itu.

"Umumnya masyarakat yang memelihara anjing untuk berburu babi mau memvaksinasi hewan peliharaan mereka," katanya.

Dia menyampaikan, bahwa ajing untuk berburu jarang divakasinasi pemiliknya tidak menjadi hal yang menakutkan oleh pemerintah dalam penyebaran rabies.

"Ajing untuk berburu oleh pemiliknya tak berpotensi dalam penyebaran penyakit rabies karena jarang melepaskan ajing tersebut secara liar. Umumnya, pemilik mengikat ajing atau lebih cendrung mengurungnya di dalam kandang," terang dia.

Sejauh ini kata dia, pihaknya tak menemukan adanya warga terserang penyakit rabies, apa lagi sampai meninggal dunia akibat penyakit itu. (*/ham/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Bukittinggi - 19/04/2014 09:12 WIB WIB

KPU Bukittinggi Rekap Suara Pileg di Hotel..


Bukittinggi - 17/04/2014 11:27 WIB WIB

Panwaslu Bukittinggi Rekap Hasil Suara Pileg..