Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Nasional - 19/03/2013 07:16 WIB

Pemerintah Buka Lowongan 60.000 CPNS Baru

Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Antara)

Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Antara)

Medan, (Antara Sumbar) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan pemerintah berencana pada Juli 2013 membuka lowongan 60.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru.

"Tahun ini kita terima CPNS baru sekitar 60.000 orang. Pada Juli nanti formasinya diketahui," katanya di sela-sela penandatanganan Pencanangan Zona Integritas Bebas dari Korupsi Provinsi Sumut di Medan, Selasa.

Abubakar didampingi Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menjelaskan penerimaan CPNS tahun 2013 akan diumumkan kuotanya pada Juli mendatang.

"Pada Juli nanti kuota dan formasi penerimaan CPNS tahun 2013 sebanyak 60.000 ini sudah bisa diketahui. Jumlah ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun 2013 yang mencapai 120.000 orang," ucap dia.

Abubakar juga menjelaskan, penerimaan CPNS tahun 2013 akan difokuskan kepada kebutuhan lembaga/departemen dengan mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. Dengan kata lain, akan disesuaikan dengan kebutuhan atau yang diperlukan saja.

"Pola seperti ini harus dilakukan karena jumlah PNS kita sudah banyak berlebih untuk satu lembaga/departemen. Jadi prinsipnya, kita hanya menerima CPNS untuk formasi yang paling dibutuhkan saja," kata Abubakar.

Sebelumnya, pada acara penandatanganan pencanangan Wilayah Bebas dari Korupsi, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengajak seluruh daerahnya lebih proaktif memberangus praktik korupsi di masing-masing wilayah.

Gubernur yakin bila komitmen ini dijalankan secara masif maka efeknya akan mampu meningkatkan lebih baik kualitas pelayanan publik yang menjadi indikator pencegahan praktik korupsi.

"Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melaksanakan program wilayah bebas dari korupsi," kata Gatot. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 01:50 WIB WIB

Wapres Apresisasi Peran Tokoh Agama Saat Pemilu..


Nasional - Hari ini, jam 01:47 WIB WIB

Menteri ESDM: Rusia Tawarkan Pasok Crude..