Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 01/11/2012 11:43 WIB

Jumlah Kenaikan UMR Diputuskan Pertengahan November

Muhaimin Iskandar

Muhaimin Iskandar

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan jumlah kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) akan diputuskan pada pertengahan November 2012.

"Keputusannya, pertengahan November harus selesai," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar pada seminar bertema Input bagi Penyiapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis.

Pasalnya, gubernur seluruh Indonesia sedang menunggu hasil keputusan rapat Dewan Pengupahan sebagai pertimbangan untuk menentukan besaran kenaikan UMR.

Melalui hasil keputusan Dewan Pengupahan, gubernur akan mengkaji jumlah UMR dengan memprioritaskan beberapa indikasi.

Muhaimin mengatakan, dalam menentukan UMR di setiap daerah, gubernur harus memperhatikan aspek kesejahteraan berupa komponen rumah sewa dan biaya transportasi yang semakin tinggi.

"Kalau analisa kami, akan ada kenaikan yang signifikan, di Jakarta sejelek-jeleknya Rp2 juta, namun jumlah kenaikannya akan berbeda pada setiap daerah," katanya.

Menurut Muhaimin, terdapat kesalahan pandangan oleh para pengusaha mengenai jumlah UMR selama ini, karena dianggap sebagai upah standar buruh yang sama rata.

Padahal, kata Muhaimin, UMR merupakan ambang batas minimum pendapatan untuk seorang lajang.

"Hambatannya ya karena ini salah kaprah, upah minimum dianggap upah standar, kalau seperti itu tidak akan memenuhi (kebutuhan hidup layak)," kata Muhaimin.

Apabila terdapat perusahaan yang menolak untuk menjalankannya, Muhaimin merekomendasikan dua hal, pertama adalah pola bipartrit, yaitu mempertemukan pihak perusahaan dan pekerja, dan kedua adalah pengajuan keberatan dan pengawasan.

Namun, Muhaimin berharap seluruh pihak yang berwenang dapat menjalankan keputusan yang nantinya akan ditetapkan untuk kesejahteraan para pekerja di Indonesia. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 16/04/2014 08:58 WIB WIB

Pemancangan Pelabuhan Industri Aluminium Bintan..


Nasional - 16/04/2014 08:43 WIB WIB

Partisipasi Pemilih di Tiongkok Kurang Memuaskan..