Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 15/12/2012 01:22 WIB

Muliaman: Produk Keuangan Syariah Perlu Disosialisasikan

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Muliaman D Hadad mengungkapkan perlunya sosialisasi produk keuangan syariah dengan pendekatan inklusif seiring perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Menurut Muliaman, perkembangan industri keuangan syariah masih perlu disosialisasikan kembali karena masyarakat hanya familiar dengan perbankan syariah saja, padahal ada beberapa produk lain seperti asuransi, pasar modal hingga pegadaian syariah.

"Keuangan syariah tidak cuma perbankan, tapi juga pasar modal dan asuransi yang perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat," kata Muliaman dalam acara Silaturahmi Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah (Silatnas MES) di Jakarta, Sabtu.

Muliaman juga mendorong terciptanya sosialisasi jasa keuangan syariah yang inklusif dengan cara mengedukasi masyarakat terhadap produk syariah yang ada.

"Baiknya sosialisasi jasa keuangan syariah dilakukan dengan cara inklusif, bukan ekslusif, yakni dengan mengedukasi dan komunikasi untuk membangun kesadaran masyarakat akan produk syariah," tuturnya.

Edukasi masyarakat, menurut Muliaman, menjadi faktor penting untuk membangun kesadaran masyarakat. Dia juga mengusulkan untuk bisa mengajak organisasi agama untuk bisa ikut bergabung dalam program sosialisasi keuangan syariah.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan itu menilai perekonomian Indonesia yang dilihat sejumlah pihak sebagai pertumbuhan ekonomi paling konsisten di dunia merupakan momentum yang harus dimanfaaatkan oleh industri keuangan syariah.

Perkonomian Indonesia, lanjutnya, juga diprediksi akan tumbuh besar pada 2030 dengan adanya penambahan sekitar 120 juta kalangan menengah.

"Sebanyak 120 juta kelompok menengah yang tumbuh ini tentu akan mendorong permintaan produk jasa keuangan syariah," ujarnya.

Dengan permintaan yang semakin tinggi, industri jasa keuangan syariah dinilai harus siap menghadapi tantangan itu.

"Saat itu, pendapatan per kapita kita akan melesat naik, sehingga permintaan jasa keuangan syariah saya rasa juga akan melesat naik," katanya. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - 18/04/2014 07:11 WIB WIB

46 Orang Diselamatkan dalam Musibah Kapal Peziarah..


Nasional - 18/04/2014 07:07 WIB WIB

Balitbangtan: Penyakit Surra jadi Ancaman Sektor..