Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Padang Panjang - 15/01/2013 12:13 WIB

Padangpanjang Belum Batasi Pemakaian BBM Bersubsidi

SPBU di Padangpanjang belum menyediakan Pertamax. (ist)

SPBU di Padangpanjang belum menyediakan Pertamax. (ist)

Padangpanjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padangpanjang belum mengambil kebijakan khusus terhadap pembatasan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan dinas setempat.

"Kita belum mengambil kebijakan khusus, terkait adanya Peraturan Kementrian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Nomor 1 Tahun 2013 tentang pembatasan BBM bagi kendaraan operasional milik pemko, mulai 1 Februari 2013 ini," kata Asisten Pembangunan, Perekonomian dan Umum Setdako Padangpanjang Sonny Budaya Putra, Rabu.

Dia menyebutkan, Pemkot Padangpanjang belum melakukan pembahasan mengenai surat edaran Kementrian ESDM tersebut. Karena, belum adanya pemberitahuan tertulis mengenai kebijakan tersebut.

"Sampai saat ini kita belum menerima surat pemberitahuan mengenai kebijakan itu. Jikapun akan diterapkan sesuai tanggal yang ditetapkan, tentu akan ada pembahasan khusus terkait pemangkasan anggaran menyikapi edaran itu," kata Sonny Budaya Putra yang didamping Kabag Perekonomian Indra Gusnadi dan Kabag Humas Ampera Salim.

Menurut dia, ada beberapa kendala yang harus dipertimbangkan menyikapi Permen ESDM itu, di antaranya telah disahkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2013 dan telah dalam tahap evaluasi Gubernur Sumatera Barat, termasuk belum adanya SPBU yang khusus melayani penjualan BBM non Subsidi.

"Secara prinsip kita tidak mengalami kendala tentang pelaksanaan Permen ESDM itu, apalagi sampai saat ini kita belum menerima edaran resmi baik dari Kementrian ESDM maupun dari Gubernur Sumbar," sebutnya.

Dia mengatakan, jika memang akan diterapkan secara keseluruhan oleh kabupaten dan kota di Sumatera Barat berkemungkinan akan ada kebijakan khusus yang akan dilakukan seperti penyesuaian harga BBM dan himbauan penghematan pemakaian BBM oleh lembaga pemerintah.

"Kita juga berharap dengan kebijakan yang akan dilakukan juga dibarengi dengan pemenuhan fasilitas pengisian BBM nonsubsidi, karena dari dua buah SPBU yang ada di Padangpanjang, belum ada pengisian BBM non subsidi," katanya.

Kepala DPPKAD Kota Padang Yudhy F. Kahayan ketika dihubungi menyebutkan, untuk anggaran BBM bagi operasional kendaraan dinas sekitar RP5 sampai Rp8 miliar setiap tahunnya.

Jikapun diterapkan pembatasan pemakaian BBM nonsubsidi bagi kendaraan dinas itu tidak mempengaruhi mobilitas kendaraan pemko.

"Tidak ada masalah untuk itu, anggaran operasional kendaraan dinas kita mencukupi setiap tahunnya," sebut Yudhy. (**/ben/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Padang Panjang - 22/07/2014 01:05 WIB WIB

1.103 PNS Padang Panjang Terima Zakat Konsumtif..


Padang Panjang - 22/07/2014 01:02 WIB WIB

Pemkot Padang Panjang Siagakan Puskesmas Selama..