Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 13/02/2013 03:41 WIB

BKPM: Konversi BBM Buka Peluang Investasi

Ilustrasi. (Antara)

Ilustrasi. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai program konversi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke gas dapat membuka peluang investasi di Indonesia.

"Menurut kami, konversi energi itu sebenarnya membuat peluang investasi yang cukup besar juga, baik dari sisi SPBU ataupun lainnya," kata Direktur Perencanaan Industri Agribisnis dan Sumber Daya Alam BKPM Hanung Harimba Rachman usai acara ANZ Economy Outlook 2013 di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, upaya konversi energi yang sempat tertunda pada tahun lalu itu, perlu didorong kembali untuk direalisasikan pelaksanaannya.

"Kalau berdasarkan skenarionya, 2012 kemarin harusnya ada konversi untuk public transport ya, tapi ditunda. Mungkin tahun ini, tapi yang jelas tampaknya itu tidak bisa dihindari, kita harus lakukan konversi energi," ujarnya.

Hanung berharap kelak Indonesia bisa menjadi seperti Iran, salah satu negara yang berhasil menerapkan konversi energi BBM ke gas untuk transportasi publik.

Namun Indonesia juga harus dapat belajar dari kejadian di Pakistan yang pemerintahnya menghentikan program konversi energi karena terjadi konflik kepentingan.

"Karena murah, semua kendaraan konversi ke situ sehingga gas untuk kepentingan lain seperti pupuk dan lainnya jadi terbengkalai," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu ada kajian dan hitungan yang tepat untuk program konversi energi tersebut.

Sebelumnya, rencana pembangunan 33 stasiun pengisian bahan bakar gas dan pengadaan 14.000 converter kit terancam sulit terealisasi.

Menurut Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, penyebabnya yakni anggaran program tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 sebesar Rp1,8 triliun, tidak dilakukan berdasarkan tahun jamak atau multiyears. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 11:13 WIB WIB

100 Mahasiswa ke Jepang Belajar Tata Kota..


Nasional - Hari ini, jam 11:12 WIB WIB

Berdayakan Kereta Efisiensi Biaya Logistik..