Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Kab. Solok Selatan - 18/02/2013 09:00 WIB

Solok Selatan Anggarkan Rp5,9 Miliar Bangun Pasar

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp5,9 miliar untuk membangun dan merehabilitasi beberapa pasar di daerah itu.

"Pemkab tahun ini akan membangun dan merehabilitasi beberapa pasar dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Solok Selatan 2013 sebesar Rp5,9 miliar," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Solok Selatan Akhirman di Padang Aro, Senin.

Ia menjelaskan, dana dari APBD akan dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan pasar semi modern Padang Aro sebesar Rp1,5 miliar.

Selain itu, juga dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan pasar representatif Muara Labuh sebesar Rp1 miliar.

Sedangkan dana yang bersumber dari DAK, katanya, akan digunakan untuk membangunan pasar representatif Muara Labuh sebesar Rp1,028 miliar.

Ia menyebutkan, pemkab saat ini sedang fokus melakukan pembangunan pasar representatif guna meningkatkan kualitas kebersihan, mempermudah pedagang dan pembeli.

Sebagai contoh, imbuhnya, pasar representatif Muara Labuh yang didesain sedemikian rupa dengan mengelompokan pedagang berdasarkan barang dagangannya.

"Tujuannya agar para pedagang tertib dan masyarakat lebih mudah mendapatkan kebutuhannya," sebutnya.

Ia menjelaskan, dana yang bersumber dari DAK akan dipergunakan untuk membangun kios sembilan bahan pokok (sembako).

"sedangkan dana yang bersumber dari APBD lebih fokus dipergunakan untuk membangunan pusat-pusat kuliner," katanya.

Selain dana tersebut, imbuhnya, ada bantuan hibah dari Kementerian Koperasi sebesar Rp900 juta untuk merehabilitasi pasar tradisional dusun tangah yang dikelolah oleh Koperasi Siat Ulu Berkah Untuk Rakyat (SUBUR).

Dia menambahkan, di Solok Selatan sekarang sudah ada 30 unit pasar tradisional dan sekitar 10 unit diantaranya tidak aktif.

"Untuk mengaktifkan pasar tersebut dibutuhkan analisis tentang pelaku pasar perlu diperhitungkan siapa kelompok pedagang yang akan menyuplai pengadaan barang," tambahnya.

Selain itu, tambahnya, juga harus diketahui sasaran pembeli dan bagaimana daya tarik pasar sehingga pedagang tertarik menjajakan barang dagangannya. (*/rik/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Solok Selatan - 21/11/2014 06:51 WIB WIB

BPBD: Kerugian Bencana Solok Selatan Rp608 Juta..


Kab. Solok Selatan - 20/11/2014 03:10 WIB WIB

PDAM Pasok Air Bersih untuk Korban Banjir..