Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Provinsi - 18/02/2013 09:47 WIB

Sumbar Terbitkan Pergub Perpanjangan Masa Pensiun PNS

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang perpanjangan masa batas usia pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menduduki posisi jabatan eselon II.

"Sekarang sudah terbit Pergub Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemprov Sumbar. Pemberlakuan tetap melalui penilaian terhadap kinerja para pejabat," kata Sekdaprov Sumbar Ali Asmar di Padang, Senin.

Ia mengatakan pejabat struktural eselon II yang akan diperpanjang batas usia pensiunnya baik dari 56 tahun ke 58 tahun atau 58 tahun ke 60 tahun. Penilaian mesti melalui proses seleksi dan penilaian kinerja salah satu caranya menyebarkan kuesioner.

Adapun responden yang berjumlah 15 orang tersebut terdiri dari atasan pejabat yang dinilai, eselon II, eselon III, eselon IV unit kerja yang bersangkutan.

Berdasarkan penilaian kinerja untuk dilakukan perpanjangan, jika hasilnya baik layak untuk diperpanjang dan sebaliknya prestasi kerja menurun tentu tidak memungkinkan.

Hal yang juga diberlakukan untuk dasar keputusan pengangkatan pejabat struktural sehingga lebih objektif, transparans dan terukur serta pejabat yang dihasilkan benar-benar memenuhi syarat.

Selain itu, penempatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan memenuhi persyaratan jabatan yang didudukinya dalam rangka peningkatan kinerja pemerintah secara keseluruhan.

"Sekarang ada dua pejabat yang menempati posisi jabatan eselon II diperpanjang masa pensiunnya dari 56 tahun menjadi 58 tahun yakni, Kepala Bappeda dan Bawasda. Tapi mereka tak dilantik karena masih menempati posisi yang sama," ujarnya.

Sementara itu terkait dengan adanya paradigma baru pembinaan PNS, titik beratnya berada pada sistem prestasi kerja yang dilakukan melalui penilaian objektif terhadap prestasi dan kompetensi PNS, artinya yang berperan utama adalah indikator kompetensi, bukan usia dan senioritas.

Kemudian dalam rangka mendapatkan PNS untuk dapat diangkat dalam jabatan struktural, kata dia, dilaksanakan dengan mekanisme penelitian persyaratan administratif, tes pemetaan potensi dan penilaian kinerja selanjutnya dibahas dalam sidang Baperjakat.

Dalam pelantikan enam orang pejabat eselon II yang dilantik pada Senin (18/2), Sekdaprov juga mengingatkan agar setiap pejabat yang menempati posisi agar menjalankan tugas dan amanah tanpa kesalahan.

Menurut dia, bilamana yang diberikan amanah jabatan ada kesalahan dan hasil kinerja mengalami penurunan, tentu pimpinan (gubernur, red) mengalihkan kepada lain yang dipandang tepat.

"Pejabat yang dialihtugaskan karena ada kesalahan pada jabatan lamanya yang diamanahkan pimpinan, maka diberikan kepada yang memiliki kompetensi," kata Ali.

Enam orang yang dilantik meliputi Kepala Dinas Peternakan Erinaldi menggantikan posisi Edwardi, Kadispora Priadi Syukur yang sempat kosong beberapa bulan karena ditinggalkan pejabat lama Syahrial Bahtiar.

Kepala Biro Sosial Eko Faisal menggantikan Jefrinal Arifin (non job), Kepala Balai Diklat Rosman Effendi dan Asisten Bidang Pemerintah Devi Kurnia, serta staf ahli gubernur Edwardi. (*/sir/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Provinsi - Hari ini, jam 02:02 WIB WIB

Gubernur : Daerah Tertinggal yang Dientaskan..


Provinsi - Hari ini, jam 01:57 WIB WIB

Gubernur Sumbar : Kerjasama Antar-Daerah Perlu..