Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Nasional - 05/04/2013 11:35 WIB

Akil: Hakim Tidak Takut Pembalasan Pihak Luar

Akil Mochtar

Akil Mochtar

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar mengatakan negara hukum mensyaratkan hakim yang tidak takut pembalasan dari pihak luar, karena bertindak independen dan imparsial dalam membuat putusannya.

Hal ini diungkapkan Akil Mochtar saat pidato usai melakukan sumpah jabatan sebagai ketua MK di depan delapan hakim konstitusi lainnya dan beberapa pimpianan lembaga serta berbagai tokoh sebagai tamu undangan di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut dikutip Akil dari Kelly FB William dalam buku "An Independent Judiciary: The Core of the Rule of Law".

"Saya bersama-sama dengan yang mulia para hakim konstitusi ingin menegaskan MK akan selalu bekerja pada prinsip-prinsip independensi," kata Akil.

Dia menegaskan bahwa menjaga independensi MK merupakan komitmen yang terus menjadi prioritas dan akan dikedepankan.

"Komitmen ini sangat strategis untuk mengingatkan kita dalam negara hukum demokratis, pengadilan harus demokratis, pengadilan haruslah memiliki kekuatan, untuk menolak godaan dan menolak segala bentuk intervensi dari manapun," tegasnya.

Akil mengatakan bahwa independensi hakim adalah harga mati.

"Hanya dengan hakim dan pengadilan yang independen inilah, hakim akan dapat memutus perkara secara adil. Dan bagi hakim, putusan yang memenuhi rasa keadilan itulah mahkota terindah," ucapnya.

Akil juga mengatakan bahwa MK hingga saat ini dikenal sebagai lembaga peradilan yang bersih, imparsial dan independen.

Putusan-putusan MK diapresiasi, bukan saja karena mencerminkan hukum yang berkeadilan, namun juga karena putusannya merupakan produk dari peradilan yang transparan, jujur, tanpa sedikitpun intervensi.

Akil mengatakan bahwa MK berhasil meletakkan prinsip-prinsip penting agar penyelenggaraan negara ini senantiasa berdasarkan dan berbijak kepada konstitusi. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

KPU Padang Fokus Tahapan Pilpres

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nasional - Hari ini, jam 03:35 WIB WIB

Hatta: Instrumen Bea Keluar Percepat Pembangunan..


Nasional - Hari ini, jam 03:23 WIB WIB

Bappenas Sedang Selesaikan Proses Teknokrasi..