Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Berita

Nusantara - 31/07/2013 03:33 WIB

Lima Penyerang Lapas Cebongan Dituntut Dua Tahun

Yogyakarta, (Antara Sumbar) - Lima anggota Grup II Kopassus Kandang Menjangan Yogyakarta yang ikut menyerang Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cebongan Sleman dituntut hukuman penjara dua tahun oleh Oditur Militer dalam sidang lanjutan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, Rabu.

Kelima terdakwa tersebut, yakni Serda Tri Juwarno, Serda Anjar Rahmanto, Serda Martinus Banani, Serda Suprapto, dan Serda Hendro Siswoyo.

"Kelima terdakwa terbukti melakukan tindakan dengan sengaja membantu orang lain yang berakibat hilangnyaa nyawa orang lain," kata Oditur Miiliter Letkol CHK Hasan.

Menurut dia, dari keterangan saksi dan barang bukti yang dihadirkan dalan persidangan, ke lima terdakwa ini terbukti bersalah melanggar dakwaan primer pasal 340 KUHP.

"Ke lima terdakwa ini dengan sengaja membantu tindakan yang berakibat hilangnya nyawa orang lain," katanya.

Oditur Militer sebelum membacakan tuntutan mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan terdakwa yakni mencemarkan nama baik TNI di masyarakat, melanggar sapta marga, sumpah prajurit dan delapan sumpah TNI serta serta penyerangan dilakukan di instansi pemerintahan.

"Selain itu akibat perbuatan lima terdakwa ini mengakibatkan trauma bagi petugas Lapas Cebongan maupun tahanan," katanya.

Sedangkan hal yang meringankan di antaranya para terdakwa mengakui keselahannya secara kesatria, mengakui perbuatannya selama persidangan, terdakwa masih muda dan belum pernah melanggar pidana dan perbuatan terdakwa semata-mata dilakukan untuk membela kesatuan.

"Bahkan sebagian masyarakat Yogyakarta mendukung apa yang dilakukab para terdakwa ini karena telah membantu membasmi preman," katanya.

Menanggapi tuntutan inu, penasihat hukum kelimaa terdakwa Letkol Yaya Supriadi menolak kliennya terlibat membantu tindakaan terencana.

"Kami akan menyusun pledoi pembelaan," kata Yaya.

Ketua Majelis Hakim Letkol Faridah Faisal mengungkapkaan, untuk memberi waktu penaasehat hukum menyusun pembelaan sidang dilanjutkan Kamis 15 Agustus 2013 dengan agenda pembelaan atas tuntutan. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Nusantara - 21/12/2014 12:39 WIB WIB

Menpora akan Hadiri Penutupan POM Asean Palembang..


Nusantara - 21/12/2014 12:37 WIB WIB

Pengamat: Program Pembangunan Desa Percepat..