Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Internasional - 07/02/2013 05:22 WIB

55 0rang Tewas Akibat Pertempuran Dekat Damaskus

Beirut, (Antara/AFP) - Satu kelompok pemantau mengatakan 55 orang tewas dalam 24 jam dalam gempuran secara besar-besaran oleh tentara di pangkalan-pangkalan pemberontak di sekitar Damaskus pada hari kedua, Kamis.

Di antara mereka yang tewas adalah lima warga sipil, tiga dari mereka wanita. Mereka meninggal ketika peluru-peluru mortir menghantam kamp pengungsi Palestina Yarmuk di pinggiran selata ibu kota itu, kata kelompok Obsrvatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Kelompok itu Rabu melaporkan serangan pasukan Presiden Bashar al-Assad dilakukan terhadap pangkalan-pangkalan pemberontak di pinggiran Damaskus, sementara penduduk melaporkan serangan-serangan itu yang paling seru selama beberapa bulan.

Observatorium itu, Kamis pagi, melaporkan setidaknya 19 warga sipil, 28 petempur pemberontak dan delapan tentara tewas sejak serangan itu dilancarkan, yang dipusatkan pada daerah pinggiran selatan dan timur Damaskus.

Observatorium yang bermarkas di Inggris itu mengatakan pemberontak pada Rabu menyerang satu pos pemeriksaan keamanan antara distrik timur laut Qaboon dan Taman Abassud dekat pusat ibu kota itu, yang memicu pertempuran sengit.

"Serangan itu adalah untuk menghalau pemberontak dari Daraya," kata aktivis oposisi Omar Shakir kepada AFP melalui Skype, mengacu pada daerah pinggiran barat daya Damaskus yang terus digempur tentara selama beberapa bulan.

Observatorium itu melaporkan kedatangan bantuan militer baru, Kamis di Daraya, lokasinya strategis dekat pangkalan udara militer Al-Mazzeh dan kunci bagi usaha militer untuk mengusir para petempur oposisi dari ibu kota itu.

Kelompok itu juga melaporkan serangan Rabu malam terhadap distrik Jobar di bagan timur dan Tadamun, Assali, Qadam dan Al -Hajar al-Aswad di selatan, serta bentokan senjata di Damaskus selatan.

Di kamp Yarmuk, lima warga sipil termasuk tiga wanita tewas ketika peluru-peluru mortir yang ditembakan dalam pertempuran itu jatuh dekat Tadamu mendarata di antara para pengungsi Paletina itu.

Jaringan oposisi Dewan Umum Revolusi Suriah sementara itu melaporkan serangan-serangan pasukan pemerintah di distrik selatan Midan dan penutupan semua jalan menuju Yarmuk.

Juga di pinggiran ibu kota itu, pasukan pemerintah menggempur posisi-posisi pemberontak di timur dan selatan, kata Obsrvatorium itu, sementara bentrokan senjata meletus di satu depot kendaraa militer antara Harasta dan Irib di timur laut.

Daerah-daerah Damaskus ini adalah termasuk pangkalan-pangkalan paling kuat pemberontak yang melawan pemerintah Bashar,yang melakukan tindakan keras hampir dua tahun pemberontakan yang menurut PBB menewaskan lebih dari 60.000 orang.

Obsrvatorium, yang mengumpulkan laporan-laporannya dari satu jaringan luas para aktivis dan para dokter di rumah-rumah sakit sipil dan militer di lapangan, mengatakan 141 orang tewas di seluruh negara itu Rabu yaitu 36 warga sipil,39 tentara dan 66 petempur pemberontak. (*/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - Hari ini, jam 07:26 WIB WIB

Cavani Cetak Gol Kemenangan PSG Saat Lawan Apoel..


Internasional - Hari ini, jam 07:25 WIB WIB

Schake Menang 4-3 Atas Sporting Melalui Penalti..