Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Internasional - 06/05/2013 08:59 WIB

Sumber Daya Alam, Inti Konlik di Afrika

Harare, (Antara/Xinhua-OANA) - Seorang pejabat senior keamanan Uni Afrika (AU) mengatakan sumber daya alam dapat menjadi berkah dan sekaligus kutukan yang berkaitan dengan kebanyakan konflik di Afrika.

Komisaris AU bagi Perdamaian dan Keamanan Ramtane Lamamra memberitahu wartawan di sisi pertemuran ke-10 Komite Dinas Intelijen dan Keamanan Afrika (CISSA), yang diselenggarakan di Harare bahwa sumber daya alam menjadi pusat konflik yang "terutama melibatkan pelaku dari luar benua".

"Ketika kita melihat secara seksama setiap konflik yang telah dilalui benua ini, kita akan mendapati sumber daya alam selalu berada di jantungnya, baik diakui secara terbuka maupun menjadi bagian dari agenda tersembunyi", kata Lamamra.

Oleh karena itu, katanya, Afrika perlu menghadirkan strategi untuk mencegah sumber daya alam yang pusat konflik dan memungkinkan sumber daya tersebut menjadi berkah sesungguhnya buat warga lokal, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

CISSA dibentuk pada 2004 sebagai reaksi atas saran dari para kepala negara dan pemerintah Afrika dan menjadi sayap Uni Afrika dengan mandat menyediakan informasi keamanan buat benua itu.

Tema untuk konferensi satu-pekan tahun ini, yang diselenggarakan sampai 8 Mei adalah "Pertalian Antara Sumber Daya Alam, Pembangunan dan Keamanan Afrika".

Media resmi Zimbabwe telah menyatakan Presiden Robert Mugabe, Ketua AU Dr. Nkosazana Dlamini Zuma dijadwalkan menghadiri konferensi itu, yang resolusinya akan diajukan kepada para kepala negara dalam pertemuan tingkat tinggi Uni Afrika. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - 19/04/2014 09:11 WIB WIB

Daftar Starting Grid Grand Prix Formula Satu..


Internasional - 19/04/2014 09:10 WIB WIB

Catatan Waktu Kualifikasi Grand Prix Formula Satu..