Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Internasional - 08/05/2013 06:53 WIB

Bashar: Suriah Mampu Hadapi Serangan-serangan Israel

Beirut, (Antara/Reuters) - Presiden Suriah Bashar al-Assad
Selasa mengatakan bahwa negaranya mampu untuk menghadapi agresi Israel agresi, kata laporan media Lebanon, dalam komentar pertama sang pemimpin sejak negara Yahudi itu meluncurkan serangkaian serangan udara di situs militernya di Damaskus.

"Agresi Israel baru-baru ini menunjukkan ukuran keterlibatan antara pekerjaan Israel, negara-negara regional dan Barat dalam mendukung peristiwa-peristiwa terkini di Suriah," kata Bashar seperti dikutip oleh saluran berita pro-Suriah TV Manar.

"Orang-orang Suriah dan pasukan heroik mereka ... mampu
menghadapi petualangan Israel, yang merupakan salah satu wajah terorisme yang menargetkan Suriah setiap hari."

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon pada Minggu menyuarakan peringatan pada laporan-laporan Israel telah menyerang sasaran-sasaran di dalam wilayah Suriah, namun mengatakan PBB tidak bisa mengkonfirmasi apakah serangan tersebut telah terjadi.

"Sekretaris Jenderal mengungkapkan keprihatinan atas laporan-laporan mengenai serangan udara oleh Angkatan Udara Israel di Suriah," kata kantor pers Ban dalam satu pernyataan.

"Pada saat ini, PBB tidak memiliki rincian insiden yang dilaporkan itu," katanya. "Juga PBB tidak dalam posisi untuk melakukan verifikasi secara mandiri atas apa yang telah terjadi."
Ia menambahkan bahwa Ban "menyerukan semua pihak untuk bersikap tenang semaksimal mungkin dan menahan diri, serta bertindak dengan rasa tanggung jawab untuk mencegah eskalasi apa yang sudah menghancurkan dan menimbulkan konflik yang sangat berbahaya."
Laporan AFP sebelumnya mengatakan bahwa Israel melancarkan satu serangan roket ke pusat riset sains Jamraya di Damaskus, Sabtu malam, kata kantor berita Suriah SANA, Ahad.

Kantor berita itu tidak mengatakan apakah ada korban tewas atau cedera.

Televisi Suriah memberitakan "serangan Israel itu bertujuan untuk melemahkan pengepungan terhadap teroris di daerah Ghouta timur" dekat Damaskus.

Laporan-laporan media AS mengatakan Israel menargetkan satu pengiriman senjata kepada kelompok garis keras Hizbullah di Lebanon Kamis malam sampai Jumat, tetapi negara Yahudi itu menolak mmengonfirmasikan atau membantah laporan itu.

Satu sumber diplomatik di Lebanon mengemukakan kepada AFP operasi itu menghancurkan rudal-rudal darat ke udara yang belum lama ini dikirim Rusia dan disimpan di bandara Damaskus.

Israel secara tegas mengonfirmasikan bahwa pihaknya melancarkan serangan udara ke Suriah Januari lalu saat Presiden Suriah Bashar al-Assad menuduh negara Yahudi itu berusaha mengacaukan lebih jauh negara yang porak poranda akibat perang itu.

Serangan udara itu ditargetkan pada rudal-rudal darat ke udara dan satu kompleks militer terdekat yang menyimpan zat-zat kimia, kata seorang pejabat AS saat itu.

Damaskus mengancam akan membalas serangan itu, yang semakin menimbulkan kecemasan bagi meluasya perang saudara di Suriah yang menurut PBB telah menewaskan setidaknya 70.000 orang sejak meletus Maret 2011.

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi juga mengutuk agresi Israel di wilayah Suriah dan menggambarkannya sebagai "bermain dengan api."
Selama pertemuan dengan timpalannya Menteri Luar Negeri Turkmenistan Rashid Meredov di Teheran, Salehi menunjuk kepada bahaya meningkatnya ekstremisme di kawasan tersebut, dan menggambarkan kelompok teroris sebagai tidak memiliki akar atau komitmen terhadap prinsip-prinsip.

Dalam konteks yang relevan, Salehi berharap bahwa Iran sebagai Kepala Gerakan Non-Blok, bisa menemukan solusi damai terhadap krisis di Suriah melalui konsultasi dengan negara-negara Amerika Latin. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - Hari ini, jam 06:40 WIB WIB

Tujuh Tentara Lebanon, Tiga Sipil Cedera di..


Internasional - Hari ini, jam 06:39 WIB WIB

Menteri Dalam Negeri Venezuela Dipecat Setelah..