Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Internasional - 22/06/2013 07:52 WIB

Gerilyawan Dukungan Barat di Suriah Terima Senjata "Bermutu"

Damaskus, (Antara/Xinhua-OANA) - Gerilyawan dukungan Barat, Tentara Suriah Bebas (FSA), dilaporkan telah menerima "senjata bermutu" yang akan "membentuk-ulang pertempuran" melawan tentara pemerintah, sementara Rusia memperingatkan tindakan semacam itu tidak sah, kata beberapa laporan, Jumat (21/6).

Jejaring setempat Syria-News, dengan mengutip Loai Mekdad --Koordinator Politik dan Media FSA, melaporkan kelompok tersebut telah menerima persenjataan baru yang dikirim kepada petempur di beberapa front, tempat mereka memerangi tentara Pemerintah Suriah.

"Kami telah menerima kiriman senjata modern, sebagian atas permintaan kami, termasuk yang akan membentuk-ulang pertempuran," kata Mekdad sebagaimana dikutip.

Satu laporan lain yang disiarkan jejaring berita Damas-Post dan mengutip sumber tanpa nama mengatakan FSA juga telah menerima sistem pertahanan udara buatan Rusia, Ossa, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu sore.

Sehari sebelumnya, FSA mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa kelompok tersebut akan meminta Teman-Teman Suriah --kelompok negara yang bertemu pada Sabtu di Ibu Kota Qata, Doha-- untuk memberi senjata "yang bermutu" dan memberlakukan zona larangan terbang di Suriah.

Prancis sebelumnya telah menyatakan Teman-Teman Suriah akan membahas bantuan penting buat FSA setelah kemenangan militer Presiden Suriah Bashar al-Assad di lapangan.

Negara Barat belum lama ini telah mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan bantuan mereka buat oposisi "moderat" guna mencapai keseimbangan antara kedua pihak yang berperang dan mendorong mereka ke arah penyelesaian politik melalui perundingan.

Setelah kemenangan besarnya di Kota Al-Qussair, yang strategis di Suriah Tengah, "dengan bantuan kelompok gerilyawan Lebanon, Hizbullah", militer Suriah mengincar Provinsi Aleppo di Suriah Utara dan wilayah lain di Suriah Tengah sebagai sasaran berikutnya guna melancarkan pukulan lebih lanjut terhadap gerilyawan. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - 24/11/2014 08:09 WIB WIB

Pelatih Stuttgart Veh Mundur Setelah Kalah..


Internasional - 24/11/2014 08:07 WIB WIB

Mantan Bos Chelsea John Neal Tutup Usia..