Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Ultah ANTARA 77
Internasional - 04/07/2013 03:27 WIB

PM Thailand ke Polandia, Turki Perluas Perdagangan

Bangkok, (Antara/TNA-0ANA) - Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra pada Rabu mengunjungi Polandia dan Turki hingga Sabtu untuk membina hubungan dan memperluas perdagangan serta penanaman modal.

Itu kunjungan pertama perdana menteri Thailand ke Polandia, dengan Yingluck mengatakan, negara tersebut memiliki peluang ekonomi, sementara beberapa warga Thailand telah menanam modal dalam produk pertanian olahan di Polandia. Kunjungan itu juga mencakup pertukaran kebudayaan.

Sathaworn Subsoontorn, direktur Bagian Komersial Kerajaan Thailand Konsulat Jenderal di Warsawa, mencatat bahwa perdagangan Thailand-Polandia dapat tumbuh membesar.

Pemerintah Thailand membawa banyak investor negaranya ke Polandia untuk melakukan perundingan perdagangan, sementara juga mempromosikan investasi Thailand di Polandia, sebagai negara pusat distribusi barang ke negara lain di Uni Eropa.

Dia mengatakan, Thailand selalu menikmati surplus perdagangan dengan Polandia.

Ekspor Thailand ke Polandia tahun ini diperkirakan tumbuh lima persen. Empat bulan pertama dari Januari-Juni melihat peningkatan ekspor Thailand ke negara itu 24,6 persen, senilai lebih dari 216 juta dolar AS.

Ekspor barang termasuk komputer dan suku cadang, kendaraan, televisi, sedangkan Thailand mengimpor mesin dan mesin listrik dari Polandia.

Mengenai kunjungan perdana menteri ke Republik Turki, Perdana Menteri mengatakan negara lain adalah pasar baru bagi Thailand dan para pemimpin kedua negara tidak saling kunjung selama delapan tahun.

Yingluck mengatakan, Turki penting bagi Thailand, karena dipandang sebagai pintu gerbang yang menghubungkan dengan China dan Eropa.

Dia menambahkan bahwa Turki adalah anggota dari Organisasi Konferensi Islam dan karena itu mendukung serta memahami situasi di selatan Thailand. Perdana menteri juga akan mengambil kesempatan ini untuk memperkenalkan produk halal Thailand ke Turki.

Perwakilan dari sektor swasta Thailand yang bergabung dengan lawatan perdana menteri untuk kedua negara akan membuka saluran bisnis dan investasi kedua negara.

Pada kesempatan ini, Kamar Dagang Thailand dan Dewan Perdagangan Thailand serta Federasi Industri Thailand akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Polandia dan Turki. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - Hari ini, jam 01:51 WIB WIB

UE Ingin Kesepakatan Perdagangan dengan AS..


Internasional - Hari ini, jam 01:49 WIB WIB

Pakistan Ajukan Banding Pembebasan dengan Jaminan..