Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita Duka
Internasional - 07/05/2010 01:40 WIB

Pemilu Inggris Diperkirakan Tak Hasilkan Suara Mayoritas Mutlak

Jakarta, (Antara Sumbar) - Inggris telah menyelenggarakan proses demokrasi melalui pemilihan umum pada 6 Mei dan belum satu pun dari tiga partai yang berkompetisi meraih suara mayoritas mutlak, kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Martin Hartful di Jakarta, Jumat.

"Seperti di Indonesia, Inggris menyelenggarakan proses demokrasi dan penghitungan suara masih berlangsung," kata Hartful kepada wartawan di sela detik-detik penghitungan suara pemilihan umum Inggris yang disiarkan langsung melalui jaringan televisi.

Mantan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, mantan Menteri Luar Negeri Hasan Wirajudha dan sejumlah duta besar beserta diplomat menghadiri acara tersebut.

Para kandidat dari Partai Konservatif yang dipimpin David Cameron, Partai Buruh (Gordon Brown) dan Partai Liberal Demokrat Nick Clegg) bersaing di 42.000 tempat pemilihan umum di seluruh wilayah Inggris.

Partai-partai tersebut berusaha menginginkan sebanyak mungkin kandidatnya menang di tiap konstituen agar dapat memberikan lebih banyak kursi di parlemen dan bahkan mungkin saja mendapatkan hak untuk membangun satu pemerintahan.

Pemilihan umum di Inggris biasanya berlangsung setiap lima tahun sekali meski perdana menteri bisa saja langsung diangkat atau diberhentikan kapan pun.

Selama masa pemilihan umum, Inggris dibagi menjadi beberapa wilayah yang disebut dengan konstituensi. Dari segi ukuran, tiap konstituen bisa beragam namun pada umumnya terdiri dari 68.500 pemilih. Untuk pemilihan umum 2010, Inggris terbagi menjadi 650 konstituensi--533 di Inggris, 59 di Wales, 40 Skotlandia dan 18 di Irlandia Utara.

Para pemilih bisa memberikan suara di konstituensi mereka kepada salah satu kandidat yang bersaing untuk pemilihan umum. Suara diputuskan berdasarkan prinsip "First-past-the-post"- kandidat yang memperoleh suara terbanyak di satu konstituensi diputuskan sebagai pemenang. Kandidat dinobatkan sebagai perwakilan konstituensi pada "House of Commons" dan menjadi anggota resmi parlemen (MP).

Lebih jauh Dubes Hartful mengatakan pada pemilihan-pemilihan umum sebelumnya, pemenang sudah dapat diketahui segera.

Tapi pada pemilihan kali ini, menurut dia, partai yang keluar sebagai pemenangnya belum jelas karena kemungkinan perolehan suara di antara ketiga partai tak berbeda jauh.

Walau demikian, pemenang pemilihan umum Inggris 2010 diperkirakan dapat diketahui siang ini waktu Indonesia, tambahnya.

Dubes Hartful juga mengatakan bahwa susunan kabinet baru dalam pemerintahan Inggris belum dapat diketahui segera karena masih sangat bergantung pada siapa pemenang pemilu.

"Saya tak bisa memperkirakan kapan susunan kabinet baru diumumkan," katanya.

Ketika ditanya tentang dampak hasil pemilu Inggris terhadap Indonesia khususnya dan kebijakan luar negeri Inggris termasuk masa depan tentara negara Eropa itu yang ditempatkan di Afghanistan, ia enggan memberikan jawaban.

Dubes Hartful juga tidak bersedia memberikan komentar lebih jauh tentang kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintahan baru jika terbentuk nanti.

"Saya tak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan kita tunggu hasilnya nanti," kata Hartful seraya meninggalkan wartawan sambil memperagakan tangannya seolah-seolah mengiris lehernya.

Suasana pemilihan umum di Kedutaan Besar Inggris dengan puluhan warga negaranya masuk ke kotak suara tak terlihat.

Hal ini berbeda dengan suasana pemilihan umum di kantor perwakilan RI di berbagai negara, terutama di Malaysia, Singapura, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab tempat ratusan WNI memberikan suara mereka.

"Warga negara Inggris langsung memberikan hak suara mereka atau mewakilkan," kata seorang staf Kedubes Inggris. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Internasional - Hari ini, jam 01:03 WIB WIB

Bom Mobil di Baghdad Tewaskan 13 Orang..


Internasional - Hari ini, jam 12:46 WIB WIB

Perubahan Iklim Dituding sebagai Penyebab..