Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Agam - 14/11/2012 07:37 WIB

Agam Butuh 26 Mobil Pemadam Kebakaran

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membutuhkan 26 unit mobil pemadam kebakaran untuk disiagakan di setiap kecamatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Bambang Warsito di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, ke-26 unit mobil pemadam kebakaran itu akan disiagakan di 26 Posko Pemadam Kebakaran yang akan dirikan di 16 kecamatan.

"Kebutuhan mobil pemadam ini berdasarkan kajian dari konsultan bencana, karena Kabupaten Agam rawan bencana kebakaran dan daerahnya juga cukup luas yakni 2.232,30 kilometer persegi," kata dia.

Saat ini Kabupaten Agam baru memiliki lima unit mobil pemadam kebakaran di dua posko, yakni tiga unit di Sungai Tanang Kecamatan Ampek Koto untuk Agam wilayah timur dan dua unit di posko utama di Lubukbasung untuk Agam wilayah barat.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, BPBD Kabupaten Agam setiap tahun mengusulkan penambahan mobil pemadam kebakaran dan tahun 2012 baru bisa menambah satu unit yang disiagakan di kantor BPBD.

Satu unit mobil pemadam kebakaran dengan ukuran sedang itu akan diperuntukkan di Agam wilayah timur karena intesitas kebakaran di daerah itu lebih banyak dibandingkan Agam wilayah barat.

"Perbandingannya kasus kebakaran antara Agam wilayah timur dan Agama wilayah barat adalah 10 berbanding satu," tambah dia.

Dia menyebutkan, jumlah kasus kebakaran di Kabupaten Agam sampai saat ini sebanyak 85 kasus dengan kerugian sekitar Rp6,3 miliar.

"Pada umumnya kebakaran ini terjadi di Agam wilayah timur," ujarnya.

Selain kekurangan mobil pemadam kebakaran, Kabupaten Agam juga kekurangan personel dengan jumlah sekitar 200 orang dan saat ini personel yang ada hanya 35 orang.

Untuk mengatasi kekurangan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran kabupaten/kota tetangga serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dan menyebarkan selebaran tentang bahaya kebakaran.

"Sosialisasi sudah kami lakukan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam dan para pelajar mulai SD sampai SLTA," sebutnya. (*/ari/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Lulus PTN Jadi Acuan Penghargaan UN

PERSPEKTIF

Masyarakat Tunggu Janji Parpol

Oleh: Ahmad Buchori

Pembangunan ekonomi Indonesia ke depan sepertinya bakal menghadapi sejumlah tantangan berat, sehingga keseriusan dan fokus penyelenggara negara..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Agam - 16/04/2014 07:03 WIB WIB

Siswa Sakit di Agam Telah Ikut UN..


Kab. Agam - 16/04/2014 05:26 WIB WIB

Dinkes Siagakan Ambulans Saat Rekapitulasi Suara..