Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Agam - 14/06/2013 10:37 WIB

Panwaslu Agam Terima Laporan Parpol Terkait DCS

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima laporan dari lima partai politik terkait penetapan Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS).

Ketua Panwaslu Kabupaten Agam, Yondi Fitra di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, kelima partai politik tersebut yakni Partai Golkar, NasDem, PPP, PKS dan PDIP.

"Kelima partai ini telah mendaftarkan laporan secara tertulis sesuai aturan yang berlaku pada Rabu (12/6)," kata Yondi Fitra.

Yondri Fitra menambahkan, parpol tersebut melaporkan hasil berita acara verifikasi DCS yang dilakukan KPU Kabupaten Agam, gagal caleg, gagal dapil dan lainnya.

Ia menjelaskan, Partai Golkar melaporkan gagal caleg dan gagal daerah pemilihan (Dapil), NasDem gagal caleg karena tidak melengkapi ijazah, PKS melaporkan gagal Dapil pemilihan dan caleg dan lainnya.

Untuk menyikapi ini, Panwaslu Kabupaten Agam akan menindaklanjuti dengan cara melakukan verifikasi syarat para Caleg pada Rabu (13/6) hingga Senin (17/6).

Setelah itu Panwaslu akan menetapkan keputusan apakah ada rekomendasi atau tidak kepada KPU Kabupaten Agam.

"Rekomendasi yang kita berikan ini sesuai dengan verifikasi yang dilakukan selama lima hari dan apabila parpol masih merasa keberatan mereka bisa menindaklanjuti pada PTUN," katanya.

Lebih jauh dia menambahkan, enam parpol gagal daerah pemilihan saat penetapan DCS. Keenam parpol tersebut yakni, Golkar gagal pada Dapil empat dengan Kecamatan Baso, Canduang dan Ampek Angkek. PKS gagal pada Dapil lima dengan Kecamatan Ampek Koto, Malalak, Banuhampu dan Sungai Pua. PAN gagal pada Dapil satu dengan Kecamatan Lubukbasung dan Tanjung Mutiara.

Sementara, Demokrat gagal pada Dapil enam dengan Kecamatan Tanjung Mutiara dan Matur. PPP gagal pada Dapil dua dengan Kecamatan Ampek Nagari dan Palembayan. Hanura gagal pada Dapil dua dengan Kecamatan Ampek Nagari dan Palembayan.

Tempat terpisah, Ketua KPU Kabupaten Agam Eri Efendi menambahkan, pada umumnya caleg perempuan yang kurang persyaratan, sehingga semua calon dinyatakan gugur karena tidak memenuhi kuata 30 persen perempuan.

"Dari hasil verifikasi yang kita lakukan, penyebab gagal sebagian besar karena tidak melengkapi dokumen, ijazah tidak sama dengan KTP dan lainnya," katanya. (ari)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Agam - Hari ini, jam 08:47 WIB WIB

Bupati Agam Buka Bersama Anak Panti Asuhan..


Kab. Agam - Hari ini, jam 06:07 WIB WIB

PLN Lubukbasung Siaga 24 Jam Selama Lebaran..