Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Agam - 05/07/2013 09:37 WIB

Pemkab Agam Lantik Tujuh Wali Nagari

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam melantik tujuh pejabat pengganti wali nagari yang mengundurkan diri karena maju sebagai calon legislatif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam, Rahmat Lasmono di Lubukbasung, Jumat (5/7) mengatakan, dari tujuh wali nagari tersebut, baru dua wali nagari yang dilantik yakni, Wali Nagari Kampuang Pinang dan Wali Nagari Kampung Tanggah.

Sementara lima nagari lainnya yakni, Wali Nagari Matur Mudik, Ampek Koto Palembayan, Tigo Koto Silungkang, Koto Tanggah dan Bukik Batabuah akan dilantik pada Senin (8/7).

"Pelantikan ini dilakukan di aula kantor wali nagari setempat yang langsung dilakukan bupati," kata Rahmat Lasmono saat pelantikan Wali Nagari Kampuang Tanggah dari Mulyadi kepada Asra Wilman di aula kantor wali nagari setempat.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang diterima BPMPN Kabupaten Agam, sebanyak 23 wali nagari yang mengudurkan diri. Saat ini BPMPN Kabupaten Agam sudah memproses sebanyak 15 nagari yakni, Wali Nagari Kampuang Pinang dan Wali Nagari Kampung Tanggah, Wali Nagari Matur Mudik, Ampek Koto Palembayan, Tigo Koto Silungkang, Koto Tanggah dan Bukik Batabuah.

Wali Nagari Lubukbasung, Wali Nagari Panta Pauh, Wali Nagari Ampang Gadang, Wali Nagari Bukik Batabuah, Wali Nagari Maninjau dan Wali Nagari Koto Gadang.

"Kita menunggu jadwal dari Badan Musyawarah terkait jadwal pelantikan dari delapan wali nagari ini," katanya.

Sementara, tujuh nagari lainnya yakni, Wali Nagari Canduang Koto Laweh, Wali Nagari Cingkariang, Wali Nagari Koto Tinggi, Wali Nagari Simarasok, Wali Nagari Padang Tarok, Wali Nagari Manggopoh dan Wali Nagari Pasi Batu Taba sedang diproses surat pengundurannya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai dan jabatan wali nagari tersebut diserahkan ke sekretaris nagari atau pejabat yang ditunjuk bupati," katanya.

Ia menambahkan, proses pengunduran diri wali nagari ini melalui berbagai tahapan, mulai dari pengunduran diri wali nagari bersangkutan kepada Bamus. Lalu, diproses oleh Bamus dan diajukan kepada camat. Setelah itu, camat mengajukan ke Bupati Agam dan bupati mengeluarkan SK.

Sementara, Asisten Tiga Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto mengatakan, pengangkatan wali nagari ini sesuai Perda No 12 Tahun 2012 tentang Pemerintah Nagari.

Tambahnya, ini bertujuan untuk menjalankan roda pemerintahan dan mempersiapkan proses pemilihan wali nagari definitif.

"Kita berharap wali nagari Kampung Tangah yang dilantik menjalankan roda pemerintah," katanya.

Tokoh Masyarakat Kampuang Tangah, Syaiful berharap wali nagari yang dilantik bisa melanjutkan program wali nagari lama dalam membangun nagari dan mensejahterakan masyarakat. (**/ari/wij)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Agam - 30/10/2014 06:00 WIB WIB

DKP Agam Anggarkan Rp7,4 Miliar Kembangkan..


Kab. Agam - 30/10/2014 05:28 WIB WIB

Pemkab Agam Tunggu Foto Presiden dari Pemprov..