Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Agam - 12/03/2014 05:04 WIB

NasDem Agam Latih 82 Koordinator Saksi Pemenang Pileg

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Dewan Perwakilan Daerah Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Agam memberikan pelatihan kepada 82 koordinator saksi pemenang pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada 2014.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai Nasdem Provinsi Sumbar, Erizal Effendi di Lubukbasung, Rabu, mengatakan pelatihan ini dilakukan di kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Agam di Lubukbasung sebanyak 36 orang untuk wilayah Agam barat dan 46 kordinator saksi untuk wilayah Agam timur bertempat di kantor perwakilan DPD Partai NasDem Kabupaten Agam di Lasi Kecamatan Canduang.

"Pelatihan ini serantak kami adakan pada Rabu (12/3). Ke-82 koordinator saksi pemenang pileg ini merupakan utusan 82 nagari di Kabupaten Agam," kata nya.

Pelatihan yang diberikan itu berupa hak dan kewajiban yang harus dilakukan saat pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara tugas koordinator saksi pemenang pileg ini yakni, memonitor keberadaan saksi di setiap TPS, mencatat dan melaporkan saksi yang tidak bertugas segera kepada partai untuk dicari solusinya.

Lalu, mengumpulkan hasil penghitungan suara beserta berkas-berkasnya dari masing-masing saksi TPS dan merekapitulasi hasil penghitungan suara masing-masing TPS pada lembar rekap yang disediakan partai.

"Pelatihan koordinator saksi ini hanya Partai NasDem yang melakukan dari 12 partai peserta pemilu dengan biaya sumbangan dari masing-masing caleg," katanya.

Partai NasDem Kabupaten Agam, tambah dia, juga menyediakan sebanyak 1.225 saksi yang akan ditepatkan di 1.225 TPS yang tersebar di 82 nagari.

"Saya berharap saksi mempunyai integritas dan mempunyai semangat berjuang untuk memenangkan Partai NasDem," tambahnya.

Sementara honor saksi ini, berasal dari Partai NasDem karena partai bezukan Surya Paloh ini merupakan yang pertama menolak dana saksi yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pada pileg 9 April 2014, DPD Partai NasDem Kabupaten Agam menargetkan kursi di DPRD Kabupaten Agam minimal sebanyak 13 dari 45 kursi yang diperebutkan.

"Ini berdasarkan berbagai survei yang kami lakukan, bahwa Partai NasDem mendapatkan 30 persen suara," katanya.

Sementara itu, Bendahara DPD Partai NasDem Kabupaten Agam, Yuspidar, menambahkan jumlah caleg yang tersebar dienam daerah pemilihan sebanyak 43 dari 45 orang.

Sementara dua caleg lainnya tidak melengkapi persyaratan saat verifikasi beberapa bulan silam. (*/ari/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Agam - 24/10/2014 04:39 WIB WIB

Pemkab Agam Terus Lengkapi Rambu Lalu Lintas..


Kab. Agam - 24/10/2014 02:52 WIB WIB

Pemkab Agam Berikan Pembinaan Khusus Sekolah..