Berita harian sumbar terkini update terlengkap

pt Angkasa Pura
Berita

Kab. Dharmasraya - 13/06/2013 08:43 WIB

Gerindra Gagal Loloskan Caleg di Dua Dapil

Pulau Punjung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat gagal meloloskan calon legislatifnya di dua daerah pemilihan karena tidak lolos verifikasi Datar Calon Sementara (DCS) oleh KPU setempat.

Ketua KPU Dharmasraya, Syamsurizal di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan dari tiga daerah pemilihan (dapil) di Dharmasraya, partai Gerindra mengalami kegagalan pada dua dapil.

"Kegagalan partai pada dua dapil ini disebabkan tidak ada satu pun berkas caleg yang lengkap dan juga keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen tidak terpenuhi," katanya.

Menurut dia, dengan demikian partai ini dinyatakan gugur pada dapil satu dan dapil tiga.

Dia menambahkan, kondisi ini tentu menyebabkan kerugian terhadap partai dikarenakan Gerindra hanya akan ikut pemilu pada dapil dua saja, sementara pada dapil satu dan tiga mengalami kegagalan.

Dia menyebutkan, pada hasil verifikasi tahap pertama Gerindra mendaftarkan calegnya sebanyak 25 orang.

"Partai Gerindra awalnya mendaftarkan caleg sebanyak 25 orang dan hasil verifikasi tahap dua hanya delapan berkas caleg yang memenuhi persyaratan yaitu pada dapil dua," katanya.

Ia mengatakan, Dharmasraya memiliki tiga dapil, pada dapil satu terdapat 10 kursi, dapil dua delapan kursi, dan dapil tiga sebanyak tujuh kursi.

Pada Dapil satu, partai tersebut mendaftarkan caleg sebanyak 10 orang, dan pada dapil dua delapan orang, dan dapil tiga tujuh orang.

Setelah DCS diumumkan, maka semua partai tidak dapat lagi untuk memperbaiki berkas, mengganti nomor urut, dan mengganti caleg.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berupaya bekoordinasi dengan partai peserta pemilu untuk membantu kelengkapan berkas.

Kegagalan ini, kata Syamsurizal, bukanlah tanggung jawab KPU, dalam hal ini KPU hanya menjalankan tugas sesuai ketentuan yang ada.

Menurut dia, kesulitan yang dihadapi partai politik dalam melengkapi 21 jenis persyaratan, rata-rata kesalahan terdapat pada hasil tes kesehatan dan fisikologi.

Dari data KPU Dharmasraya, dapil satu meliputi Kecamatan Pulau Punjung, IX (sembilan) Koto, Timpeh, dan Sitiung, Dapil dua Kecamatan Koto Baru, Tiumang, Koto Salak, Padang Laweh, dan dapil tiga Sungai Rumbai, Koto Besar, dan Asam Jujuhan. (bib)

ANTARA Sumbar

daftar komentar untuk berita Komentar Anda

indeks berita RSS Berita Sumatera Barat | ANTARA Sumbar

namaAli Sobah
Pengarengan RT 11/06 Jatinegra, Cakung Jakarta Timur - Selasa, Selasa 09:33 WIB
A yo .. masyarakat ikutilah pesta rakyat dengan cara memilih sesuai hati nurani.Tapi bagi politikus kumohon hati nurani rakyat yg telah memilih jangan kau lukai, bekerjalah utk rakyat, bela yg benar dan katakanitu salah kalau memang salah jangan sampai katakan benar bagi yg salah demi uang semata ( utk diri sendiri )
عَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُم فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa.

QS. An-Nur: 55).

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Tiga Rahasia Tiongkok

Oleh: GNC Aryani

"Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China". Peribahasa itu cukup popular di publik Indonesia untuk menggambarkan bahwa belajar tidak mengenal batas..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Dharmasraya - 30/08/2014 02:16 WIB WIB

Calon Haji Dharmasraya Berangkat 3 September..


Kab. Dharmasraya - 30/08/2014 01:54 WIB WIB

Ombudsman Apresiasi Sikap Responsif Bupati..