Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Dharmasraya - 05/11/2013 01:31 WIB

Pemkab Dharmasraya Gelar Lomba Menulis Tingkat Pelajar

Pulau Punjung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan lomba penulisan cerita rakyat tingkat pelajar SLTP, SLTA dan umum se-Dharmasraya.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Ali Umar, di Pulau Punjung, Selasa, mengatalan kegiatan itu bertujuan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan menulis melalui berbagai bacaan dan media agar menanamkan cinta kebudayaan, persatuan dan kesatuan.

Menurut dia, kegiatan itu sekaligus untuk menarik minat siswa tentang buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara dan meningkatkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam menulis.

"Tema lomba ini adalah ‘Aku dan Cerita Negeriku’ diikuti pelajar SLTP, SLTA dan umum se-Dharmasraya,"katanya.

Menurut Ali, dasar kegiatan itu dilatarbelakangi Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan Bab XIII Pasal 48 (1) yang mengisyaratkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur, pertama keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin, dan dilanjutkan secara terus menerus.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca dapat ditumbuhkan di sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya perpustakaan yang ada di sekolah.

"Agar hasilnya optimal, upaya meningkatkan kegemaran membaca di kalangan generasi muda harus dipupuk dan digiatkan secara serentak dan terpadu. Keberhasilan gerakan membaca akan dapat dicapai secara rasional, dengan melibatkan peran serta semua komponen bangsa, baik tingkat pusat maupun daerah," imbuhnya.

Kasi Perpustakaan Ngalimin, mengatakan kriteria penulisan cerita rakyat itu di antaranya adalah panjang tulisan minimal tiga halaman kuarto, dengan spasi 1,5, jenis huruf front Arial berukuran 12 front size.

"Tulisan harus asli tidak boleh menyadur atau mengutip dan mengambil bahan dari internet atau buku. Cerita adalah cerita rakyat daerah yang ada di Dharmasraya," ujarnya.

Hasil tulisan, kata dia, dikirim paling lambat tanggal 23 November 2013 ke Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Dharmasraya.

"Penulis dapat mengantar langsung atau boleh via pos, penulis harus mencantumkan biodata lengkap," ungkapnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun bagi daerah untuk kemajuan sumberdaya manusia. (**/bib)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Dharmasraya - 30/08/2014 02:16 WIB WIB

Calon Haji Dharmasraya Berangkat 3 September..


Kab. Dharmasraya - 30/08/2014 01:54 WIB WIB

Ombudsman Apresiasi Sikap Responsif Bupati..