Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Dharmasraya - 20/02/2014 05:20 WIB

Mentan Panen Padi Cetak Sawah Baru di Dharmasraya

Menteri Pertanian Suswono. (Antara)

Menteri Pertanian Suswono. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Menteri Pertanian Suswono melakukan panen padi cetak sawah baru di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis.

Menteri Pertanian Suswono di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan, panen padi cetak sawah baru ini perlu diberikan penghargaan dikarenakan merupakan salah satu upaya mencapai target ketahan pangan di Indonesia.

"Panen padi cetak sawah baru ini merupakan bukti nyata dari keberhasilan program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, dan dalam upaya meningkatkan ketahan pangan," katanya.

Menurut dia, selain di bidang pertanian padi, ada hal lain yang perlu di buat oleh masyarakat yakni dengan memanfaatkan lahan kosong yang dapat ditanam dengan tanaman lain.

"Pekarangan yang kosong dapat dimanfaatkan seperti ditanami cabe, sayur, dan dibuat kolam. Sebaliknya saya mengharapkan tidak ada lagi kaum ibu yang beli cabe, sayur, dikarenakan pekarangan yang kosong tersebut dapat ditanami," katanya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, mengatakan, sawah yang saat ini padinya dipanen sebelumnya merupakan lahan rawa yang tidak ada manfaat, setelah diberikan program cetak sawah baru maka telah menghasilkan padi yang kualitasnya cukup bagus.

"Saya yakin dengan dipanennya padi pada lahan cetak sawah baru ini, menjadi tolak ukur sebagai salah satu upaya dalam menjaga ketahanan pangan di daerah," katanya.

Menurut dia, Sumatera Barat diberi tugas sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Hal tersebut tentu dapat dicapai dengan cara terus mencetak lahan-lahan yang tidak produkti, serta mempertahankan lahan pertanian yang ada.

Selain itu, katanya, ini merupakan salah satu bentuk nyata bahwa program yang diberikan pemerintah pusat ke daerah telah berjalan dengan lancar serta dapat dipertangungjawabkan.

"Jadi kami berharap ke pemerintah pusat agar tidak ragu-ragu untuk memberikan bantuan ke Sumbar, karena semua bantuan di Sumbar Dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Sedangkan Bupati Dharmasraya Adi Gunawan, mengatakan, lahan yang berada di Nagari (desa adat) Koto Baru, Kecamatan Koto Baru tersebut sebelumnya merupakan rawa sarang tikus dan sarang ular. Setelah dilakukan cetak sawah baru saat ini telah mampu memproduksi padi sekitar 5 ton per hektare.

"Program cetak sawah di Dharmasraya berjalan dengan baik terhitung sejak pada 2009 lalu hingga 2013 telah dilakukan cetak sawah baru sebanyak 200 hektare," katanya.

Dia mengatakan, jika dilihat dari luas lahan cetak sawah baru hingga saat ini, berarti semakin sedikit jumlah lahan yang terlantar. Selain itu pada tahun ini juga akan dilakukan cetak sawah baru seluas 200 hektare lagi.

"Panen padi cetak sawah baru ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah untuk mensejaterakan masyarakat," katanya. (*/bib/jno)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

202 Daerah Bakal Pemilu Kada Serentak 2015

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Dharmasraya - 27/06/2014 06:56 WIB WIB

Bupati Dharmasraya Dukung Capres Prabowo-Hatta..


Kab. Dharmasraya - 24/06/2014 08:36 WIB WIB

Gubernur: Petani Jangan Akses Modal ke Rentenir..