Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Berita

Kab. Mentawai - 11/04/2013 07:19 WIB

Mentawai Potensi Pariwisata yang Minim Infrastruktur

Jakarta, (Antara Sumbar) - Potensi pariwisata Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat masih terkendala oleh minimnya fasilitas transportasi seperti tidak adanya kapal cepat.

"Kami tidak punya kapal cepat, yang ada hanya kapal feri dari Bungus, Padang, namanya KMP Ambu-ambu," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Kapal feri tersebut menurut dia, berlayar ke Kepulauan Mentawai yang terdiri atas Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Sipora sebanyak satu kali seminggu. Dari Padang hingga ke Kepulauan Mentawai, perjalanan kapal ditempuh selama 11 jam yang seringkali tidak membuat nyaman bagi turis.

"Kapal reguler hanya satu, jadi kadang turis datang naik boat mereka sendiri," katanya.

Selain kapal feri juga tersedia kapal kayu. Meski demikian, bila cuaca perairan sedang buruk, kapal kayu urung dipergunakan.

Selain kurangnya alat transportasi, kendala lain adalah minimnya infrastruktur.

"Infrastruktur kurang, kami berharap percepatan pembangunan segera dilakukan di sini," kata Ketua Komisi C DPRD Mentawai Anom Suheri.
Padahal menurut dia, potensi sektor pariwisata Mentawai cukup lengkap meliputi alam pegunungan, ratusan flora dan fauna endemik, air terjun, danau, sungai dan laut.

Di Mentawai terdapat 71 titik selancar (spot surfing), 33 area menyelam dan 38 lokasi pemancingan terfavorit.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk mempromosikan pariwisata Mentawai khususnya selancar adalah Mentawai International Pro Surf Competition 2013 yang akan berlangsung pada 21 - 29 April 2013 di Pantai Dusun Katiet, Kepulauan Mentawai. Kompetisi ini akan diikuti oleh 43 peselancar dengan 16 peselancar tingkat atas Asia, empat peselancar dari Tim Raider Ripcurl, tiga peselancar undangan dan 20 peselancar lokal terdiri atas komunitas peselancar Mentawai. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

3000 Aparat Amankan Daerah Rawan Macet

PERSPEKTIF

Puasa dan Piala Dunia 2014

A.R. Loebis Oleh: A.R. Loebis

Babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 di Brazil sudah selesai digelar dan ada hikmahnya bagi pemain Iran dan Bosnia-Herzegovina yang tidak lolos ke..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Mentawai - 04/07/2014 11:32 WIB WIB

Badai Laut Renggut Dua Nyawa Warga Mentawai..


Kab. Mentawai - 03/07/2014 02:31 WIB WIB

Bupati: Kepala Desa Hati-hati Kelola ADD..