Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Padang Pariaman - 24/10/2012 07:06 WIB

Pemkab Butuh Rp45 Miliar untuk Bangun Sekolah

Ali Mukhni

Ali Mukhni

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, daerah terparah terkena gempa 30 September 2009 membutuhkan dana Rp45 miliar lagi untuk membangun sekolah yang rusak.

"Kami mengajak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam dan luar negeri maupun pihak swasta melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) membantu kami membangun sekolah yang aman untuk anak-anak," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Pariaman, Selasa.

Bupati menjelaskan, setelah tiga tahun pascagempa, telah dilakukan rekonstruksi dan rehabilitasi pembangunan sarana yang rusak.

Dari 337 unit sekolah rusak berat, yang telah dibangun pemerintah dan lembaga sosial non pemerintah sebanyak 277 unit, sebanyak 111 unit di antaranya telah diserahterimakan.

"Sedangkan sekolah yang belum dibangun sebanyak 110 unit atau 602 ruang kelas," katanya.

Karena itu, masih banyak murid-murid yang belajar di kelas darurat, gedung rusak, ataupun memanfaatkan bangunan sederhana lainnya.

Menurutnya, pascagempa pembangunan sekolah telah memakai konstruksi tahan gempa sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka pengurangan risiko bencana.

Selain itu, katanya, setiap sekolah di wilayah pesisir pantai telah dilengkapi peralatan siaga bencana seperti radio amatir, tenda kelas, tandu dan peralatan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan).

Pemkab Padang Pariaman juga mengadakan pelatihan penyusunan kurikulum muatan lokal tentang kesiapsiagaan bencana kepada guru Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), SD, SMP dan SMA.

Data BPBD Padang Pariaman, gempa dan longsor 30 September tersebut telah mengakibatkan 467 orang meninggal dunia, 543 orang luka berat, 512 orang luka ringan, dan 199 orang dinyatakan hilang.

Sebanyak 277.430 jiwa atau sekitar 60 persen penduduk Padang Pariaman, tidak lagi punya tempat tinggal karena rumahnya rusak berat.

Gempa juga telah mengakibatkan 59.693 unit rumah penduduk rusak berat, 16.525 unit rusak sedang, dan 15.148 unit rusak ringan, serta terjadi kerusakan-kerusakan pada sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana ibadah, kantor, sarana jalan, jembatan, pasar, dan irigasi. (*/igy/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Ketika Android Merampas Anak-anak Kami

Try Reza Essra Oleh: Try Reza Essra

"(Saya) lebih suka main di rumah, main game di Android," ucap Rasya Prima (8) sambil memainkan permainan Candy Crush Saga di telepon pintar..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Padang Pariaman - 23/10/2014 07:33 WIB WIB

Padangpariaman Bagikan Beasiswa Rp1,2 Miliar..


Kab. Padang Pariaman - 22/10/2014 02:40 WIB WIB

Bupati Padangpariaman Blusukan dalam Proses..