Berita harian sumbar terkini update terlengkap

Bank Nagari
Berita

Kab. Pasaman Barat - 29/10/2012 07:32 WIB

Nelayan Pasaman Barat Takut Melaut Karena Hujan

Simpang Ampek, Sumbar, (Antara Sumbar) - Sebagian nelayan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat takut melaut karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

"Saat ini cuaca di Pasaman Barat tidak bersahabat karena musim hujan sehingga kami takut untuk pergi melaut," kata salah seorang nelayan Air Bangis, Wan (35), Minggu.

Dia mengatakan, jika pada hari biasa tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI) mencapai 9 ton setiap harinya, namun saat ini menjadi berkurang menjadi tiga atau empat ton atau terjadi penurunan sekitar 60 persen.

Penurunan hasil tangkapan juga mengakibatkan stok ikan menipis dan harga ikan melonjak naik.

Nelayan lainnya, Zul membenarkan banyak nelayan yang takut melaut karena cuaca yang kurang bersahabat. Mereka berharap cuaca kembali baik, sehingga para nelayan bisa pergi melaut dan memperoleh hasil yang cukup.

"Sudah satu minggu belakangan kapal nelayan banyak yang parkir akibat takut pergi melaut. Sebenarnya jika dipaksakan nelayan bisa pergi melaut namun risikonya sangat besar dan hasil yang didapat tidak maksimal," kata dia.

Menurut dia, jika nelayan memaksakan diri pergi melaut maka dikhawatirkan dapat dihantam badai karena ombak begitu besar yang disertai dengan angin yang kuat.

Jika dalam keadaan normal satu bagan nelayan bisa membawa ikan 2 sampai 3 ton, namun jika cuaca tidak bersahabat paling banyak hanya 1 ton.

"Para nelayan tidak mau mengambil risiko untuk pergi melaut dan jika dipaksakan juga hasil yang diperoleh tidak akan maksimal," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat mengimbau kepada para nelayan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya ombak dan gelombang tinggi.

"Kita berharap nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di laut meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya ombak dan gelombang tinggi. Jika cuaca tidak bersahabat diharapkan tidak memaksakan diri pergi melaut," kata Kepala BPBD Pasaman Barat Asgiarman. (*/sun)

ANTARA Sumbar

kirim komentar untuk berita Kirim Komentar

  kode:
Aie Angek Cottage
Flash Player dibutuhkan untuk memutar video.

Bursa Pariwisata Targetkan Rp665 Milliar

PERSPEKTIF

Membangkitkan Kejayaan Pasar Raya Padang

Mahyeldi Ansharullah Oleh: Mahyeldi Ansharullah

Berselang sehari setelah resmi dilantik sebagai wali kota, saya mengunjungi Pasar Raya Padang. Bersama dengan jajaran SKPD terkait, kami tidak lagi..

Pasang Iklan dan Banner di antarasumbar.com
akses m.antarasumbar.com dari gadget mu
DEFAULT BANNER 27

Kab. Pasaman Barat - 22/10/2014 09:07 WIB WIB

Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan..


Kab. Pasaman Barat - 22/10/2014 06:50 WIB WIB

Polisi Pasaman Barat Tangkap Calo CPNS..